Siregar, Dina Khairunnisa (2024) Peningkatan Hasil Belajar Dasar-Dasar DPIB Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Kelas X Di SMK Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5201111011_Cover.pdf
Download (225kB)
5201111011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (264kB)
5201111011_Kata_Pengantar.pdf
Download (478kB)
5201111011_Abstrak.pdf
Download (325kB)
5201111011_Daftar_Isi.pdf
Download (227kB)
5201111011_Daftar_Tabel.pdf
Download (197kB)
5201111011_Daftar_Gambar.pdf
Download (195kB)
5201111011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (196kB)
5201111011_BAB_I.pdf
Download (709kB)
5201111011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5201111011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (978kB)
5201111011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5201111011_BAB_V.pdf
Download (250kB)
5201111011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (488kB)
5201111011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa belajar pada mata pelajaran Dasar-dasar DPIB di Kelas X DPIB SMK Negeri 14 Medan pada tahun akademik 2024/2025. Ada siswa yang belum mencapai nilai 70 yang ditetapkan sekolah, yang berarti perlu ada inovasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) atau Classroom Action Research menggunakan empat komponen penelitian tindakan, yaitu Perencanaan (plan), Tindakan (act), Observasi (observe), Refleksi (reflect). Pada penelitian tindakan kelas ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 14 Medan Tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan soal ganda yang mana pada siklus I terdapat 20 butir soal dan pada siklus II sebanyak 20 butir soal yang sudah diuji validitas test tersebut dan dinyatakan valid, yang dimana pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 76.42 sedangkan pada siklus II pertemuan terdapat peningkatan, yaitu diperoleh dengan nilai rata-rata 85,0 maka dapat dilihat bahwa peningkatan yang terjadi antara siklus I dan siklus ke II sebesar 8,6%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran dasar-dasar DPIB.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share; Peningkatan Hasil Belajar; Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 14 Medan |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:25 |
| Last Modified: | 16 Jul 2025 07:25 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63747 |
