Peningkatan Hasil Belajar Dasar-Dasar DPIB Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Kelas X Di SMK Negeri 14 Medan

Siregar, Dina Khairunnisa (2024) Peningkatan Hasil Belajar Dasar-Dasar DPIB Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Kelas X Di SMK Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5201111011_Cover.pdf] Text
5201111011_Cover.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 5201111011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5201111011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 5201111011_Kata_Pengantar.pdf] Text
5201111011_Kata_Pengantar.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of 5201111011_Abstrak.pdf] Text
5201111011_Abstrak.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 5201111011_Daftar_Isi.pdf] Text
5201111011_Daftar_Isi.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 5201111011_Daftar_Tabel.pdf] Text
5201111011_Daftar_Tabel.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 5201111011_Daftar_Gambar.pdf] Text
5201111011_Daftar_Gambar.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 5201111011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5201111011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 5201111011_BAB_I.pdf] Text
5201111011_BAB_I.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of 5201111011_BAB_II.pdf] Text
5201111011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5201111011_BAB_III.pdf] Text
5201111011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)
[thumbnail of 5201111011_BAB_IV.pdf] Text
5201111011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5201111011_BAB_V.pdf] Text
5201111011_BAB_V.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 5201111011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5201111011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of 5201111011_Lampiran.pdf] Text
5201111011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa belajar pada mata pelajaran Dasar-dasar DPIB di Kelas X DPIB SMK Negeri 14 Medan pada tahun akademik 2024/2025. Ada siswa yang belum mencapai nilai 70 yang ditetapkan sekolah, yang berarti perlu ada inovasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) atau Classroom Action Research menggunakan empat komponen penelitian tindakan, yaitu Perencanaan (plan), Tindakan (act), Observasi (observe), Refleksi (reflect). Pada penelitian tindakan kelas ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 14 Medan Tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan soal ganda yang mana pada siklus I terdapat 20 butir soal dan pada siklus II sebanyak 20 butir soal yang sudah diuji validitas test tersebut dan dinyatakan valid, yang dimana pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 76.42 sedangkan pada siklus II pertemuan terdapat peningkatan, yaitu diperoleh dengan nilai rata-rata 85,0 maka dapat dilihat bahwa peningkatan yang terjadi antara siklus I dan siklus ke II sebesar 8,6%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran dasar-dasar DPIB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share; Peningkatan Hasil Belajar; Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 14 Medan
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:25
Last Modified: 16 Jul 2025 07:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63747

Actions (login required)

View Item
View Item