Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Geospasial Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan

Viranita, Bunga Osha (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Geospasial Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5203111026_Cover.pdf] Text
5203111026_Cover.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 5203111026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5203111026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 5203111026_Kata_Pengantar.pdf] Text
5203111026_Kata_Pengantar.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 5203111026_Abstrak.pdf] Text
5203111026_Abstrak.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of 5203111026_Daftar_Isi.pdf] Text
5203111026_Daftar_Isi.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 5203111026_Daftar_Tabel.pdf] Text
5203111026_Daftar_Tabel.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 5203111026_Daftar_Gambar.pdf] Text
5203111026_Daftar_Gambar.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 5203111026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5203111026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 5203111026_BAB_I.pdf] Text
5203111026_BAB_I.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 5203111026_BAB_II.pdf] Text
5203111026_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 5203111026_BAB_III.pdf] Text
5203111026_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[thumbnail of 5203111026_BAB_IV.pdf] Text
5203111026_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[thumbnail of 5203111026_BAB_V.pdf] Text
5203111026_BAB_V.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 5203111026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5203111026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 5203111026_Lampiran.pdf] Text
5203111026_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada elemen jenis dan bagian bagian peta di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa dari 2 kelas. Metode penelitian ini yaitu quasi eksperimen yang merupakan desain pre-test, pembelajaran dan post-test. Instrumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar elemen jenis dan bagian-bagian peta dari 25 butir soal hanya 20 butir soal yang valid dengan koefisien reliabilitas 0,854. Hasil uji-t hasil belajar, diperoleh �ℎ����� = 3,343 dan ������ = 1,672 (�ℎ����� > ������) pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk=58. Sehingga �� diterima dan �0 ditolak, maka hasil belajar pada model pembelajaran project based learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar direct instruction. Hasil penelitian bermanfaat bagi pihak sekolah dan guru dalam meningkatkan hasil belajar Dasar Dasar Kejuruan Teknik Geomatika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: DDKTG; Direct Instruction; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Project Based Learning
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:58
Last Modified: 16 Jul 2025 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63741

Actions (login required)

View Item
View Item