Ramadhani, Tasya Putri (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN KEUANGAN DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP LITERASI KEUANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7201142003_Cover.pdf
Download (309kB)
7201142003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (914kB)
7201142003_Abstrak.pdf
Download (731kB)
7201142003_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7201142003_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
7201142003_Daftar_Tabel.pdf
Download (563kB)
7201142003_Daftar_Gambar.pdf
Download (547kB)
7201142003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (558kB)
7201142003_BAB_I.pdf
Download (2MB)
7201142003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
7201142003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7201142003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
7201142003_BAB_V.pdf
Download (733kB)
7201142003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7201142003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Literasi keuangan penting bagi individu agar individu lebih baik dalam mengelola keuangannya. Literasi keuangan yang baik dapat menghindarkan individu dari permasalahan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Pengaruh Pembelajaran Keuangan dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Literasi Keuangan pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi stambuk 2020 Universitas Negeri Medan; (2) Pembelajaran Keuangan terhadap Literasi Keuangan pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi stambuk 2020 Universitas Negeri Medan; (3) Interaksi Teman Sebaya terhadap Literasi Keuangan pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi stambuk 2020 Universitas Negeri Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Angkatan 2020 Universitas Negeri Medan yang berjumlah 83 Responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengambilan data menggunakan kuisioner sebanyak 16 pernyataan. Sebelumnya angket yang digunakan telah diuji terlebih dahulu untuk melihat validitas dan reliabilitas. kemudian data yang diolah menggunakan analisis uji regresi linier
berganda. dengan bantuan SPSS 25. Data diolah dalam penelitian ini diubah terlebih dahulu dari ordinal ke interval menggunakan Method of Successive Interval (MSI).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran keuangan dan Interaksi teman sebaya secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Literasi keuangan dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dan nilai Fhitung> Ftabel atau 25.589 > 3,111; (2) Pembelajaran Keuangan berpengaruh positif secara signifikan terhadap Literasi Keuangan terbukti dengan nilai koefisien 0,868 dan nilai t-hitung 6.864 > t-tabel 1,990 dengan signifikansi 0,000 < 0,05; (3) Interaksi Teman Sebaya tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Literasi Keuangan terbukti dengan nilai koefisien -0,167 dan nilai t-hitung -1.452 < t-tabel 1,990 dengan signifikansi 0,150 > 0,05.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pembelajaran Keuangan, Interaksi Teman Sebaya, Literasi Keuangan |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education H Social Sciences > HG Finance |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:44 |
| Last Modified: | 16 Jul 2025 02:44 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63713 |
