Sitio, Sulastri Anggun Sri Ayu (2024) PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS, KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI STAMBUK 2022 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7202442014_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442014_Cover.pdf
Download (303kB)
![[thumbnail of 7202442014_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202442014_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442014_Abstrak.pdf
Download (658kB)
![[thumbnail of 7202442014_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442014_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202442014_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442014_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202442014_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442014_Daftar_Tabel.pdf
Download (279kB)
![[thumbnail of 7202442014_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442014_Daftar_Gambar.pdf
Download (278kB)
![[thumbnail of 7202442014_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (278kB)
![[thumbnail of 7202442014_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442014_BAB_I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7202442014_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7202442014_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7202442014_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of 7202442014_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442014_BAB_V.pdf
Download (552kB)
![[thumbnail of 7202442014_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202442014_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahamn akuntansi mahasiswa stambuk 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa pendidikan akuntansi stambuk 2022 (2) pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa pendidikan akuntansi stambuk 2022 (3) pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa pendidikan akuntansi stambuk 2022.
Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan, Fakultas Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan akuntansi stambuk 2022 Universitas Negeri Medan yang berjumlah 65 mahasiswa. Teknik pengumpulan sampel yaitu dengan Total Sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 65 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Squeare) melalui software SmartPLS 4.0. Teknik pengumpulan data ini berupa wawancara dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis denggan menggunakan uji PLS Algoritma, PLS Bootsrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kecerdasan logis-matematis berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa pendidikan akuntansi stambuk 2022 Universitas Negeri Medan diperoleh dengan p-value sebesar 0.043 sedangkan taraf nyata atau α sebesar 0.05. (2) kecerdasan interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa pendidikan akuntansi stambuk 2022 Universitas Negeri Medan diperoleh dengan p-value sebesar 0.012 sedangkan taraf nyata atau α sebesar 0.05. (3) kecerdasan intrapersonal berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa pendidikan akuntansi stambuk 2022 Universitas Negeri Medan diperoleh dengan p-value sebesar 0.019 sedangkan taraf nyata atau α sebesar 0.05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemahaman Akuntansi, Kecerdasan Logis-Matematis, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intrapersonal, Partial Least Square (PLS). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:33 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63710 |