Tarigan, Srimonika Wulandari (2024) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203342023_Cover.pdf
Download (299kB)
7203342023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203342023_Abstrak.pdf
Download (555kB)
7203342023_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203342023_Daftar_Isi.pdf
Download (839kB)
7203342023_Daftar_Tabel.pdf
Download (280kB)
7203342023_Daftar_Gambar.pdf
Download (279kB)
7203342023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (278kB)
7203342023_BAB_I.pdf
Download (2MB)
7203342023_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7203342023_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7203342023_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7203342023_BAB_V.pdf
Download (550kB)
7203342023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7203342023_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah efektivitas belajar yang kurang optimal pada siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 6 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap efektivitas belajar siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 6 Medan, untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap terhadap efektivitas belajar siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 6 Medan yang berjumlah 206 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 156 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma, PLS Bootstrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakan pvalue dengan uji signifikansi lebih kecil dari 0,05.
Hasil analisis yang diperoleh rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loading lebih tinggi dari 0,7. Dari data perhitungan, untuk hipotesis kemandirian belajar berpengaruh terhadap efektifitas belajar siswa diperoleh p-value lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,022 < 0,05) yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh terhadap efektifitas belajar siswa. Kemudian untuk hipotesis minat belajar berpengaruh terhadap efektifitas belajar siswa diperoleh p-value lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000< 0,05) yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa minat belajar berpengaruh terhadap efektifitas belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kemandirian Belajar, Minat Belajar, Efektifitas Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 09:37 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 09:37 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63703 |
