Ramadhani, Winda (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V SD NEGERI 101783 SAENTIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113068 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108113068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108113068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108113068 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108113068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108113068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108113068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108113068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108113068 BAB I.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
108113068 BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
108113068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa padamata pelajaran Sains khususnya pada materi Pesawat Sederhana, metode yangdigunakan guru kurang bervariasi karena hanya menggunakan metode ceramah,kurangnya minat belajar siswa pada pelajaran sains, serta kurangnya fasilitas dansumber belajar dalam pembelajaran yang dilaksanakan guru pada siswa dikelasini.. Tujuan dalam penelitian ini adalahuntuk Meningkatkan Hasil Belajar SiswaDengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivistik Pada Mata Pelajaran Sainsmateri pesawat sederhana Kelas V SD Negeri 101783 Saentis T.A 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas V SD Neger i 101783 yang berjumlah 30 orang. Prosedurpenelitian ini terdiri dar i dua siklus dan setiap siklus mempunyai empat tahapanyaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tindakan. Alat pengumpulandata yang digunakan adalah tes dan observasi.Tahapan yang dilakukan dari awal sampai selesai adalah denganmelakukanPre Test,siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan pada saatpre tes sebelum dilakukan tindakan diperoleh dari 30 orangsiswa 5 siswa (17%)yang memenuhi ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 49, dan 25siswa (83%) tidak memenuhi ketuntasan belajar, selanjutnya pada siklus Idiperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 65, dengan tingkat belajar siswadari 30 orang siswa sebesar 53% atau sebanyak 16 siswa yang memenuhiketuntasan belajar dan 14 siswa (47%) tidak memenuhi ketuntasan belajar, selainitu juga diperoleh data hasil observasi belajar siswa secara keseluruhan rataratanyasebesar 63% sedang kan guru memperoleh 60%. Pada siklus II diperolehnilai rata-rata kelas meningkat menjadi 86 dengan tingkat belajar siswa dari 30orang siswa sebanyak 27 (90) siswa yang memenuhi ketuntasan belajar dan 3siswa (10%) tidak tuntas. Hasil observasi belajar siswa secara keseluruhan rataratanyasebesar 82% sedangkan guru memperoleh 90%..Dari hasil temuanpenelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa akan meningkatjika diterapkan pendekatan konstruktivistik pada mata pelajaran Sainsmateripesawat sederhana kelas V SD Neger i 101783 Saentis T.A 2011/2012.Disarankanagar guru menggunakan pendekatan konstruktivistik pada mata pelajaran Sainsdalam proses belajar mengajar khususnya pada pesawat sederhana
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ram m |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Pendekatan Konstruktivistik; Mata Pelajaran Sains |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6368 |