Hafika, Putri Octavia (2025) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 064955 Medan T.A. 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311074_Cover.pdf
Download (131kB)
1203311074_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
1203311074_Kata_Pengantar.pdf
Download (255kB)
1203311074_Abstrak.pdf
Download (293kB)
1203311074_Daftar_Isi.pdf
Download (147kB)
1203311074_Daftar_Tabel.pdf
Download (121kB)
1203311074_Daftar_Gambar.pdf
Download (120kB)
1203311074_Daftar_Lampiran.pdf
Download (120kB)
1203311074_BAB_I.pdf
Download (441kB)
1203311074_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311074_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (345kB)
1203311074_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311074_BAB_V.pdf
Download (203kB)
1203311074_Daftar_Pustaka.pdf
Download (398kB)
1203311074_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Pendidikan diakui secara luas sebagai pondasi yang krusial dalam pembangunan
suatu negara. Pendidikan merupakan pilar utama yang membentuk karakter dan
potensi individu, pendidikan juga menjadi motor penggerak perubahan sosial dan
ekonomi. Pendidikan bukan hanya sebuah investasi dalam masa depan suatu
bangsa, tetapi juga fondasi yang tak tergantikan untuk membangun masyarakat
yang inklusif dan berkelanjutan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif. Instrumen pengumpulan data, Observasi, wawancara, kuesioner,
dokumentasi. Berdasarkan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian
siswa dalam pembelajaran di SDN 064955, dapat disimpulkan bahwa lima aspek
utama, bebas dan bertanggung jawab, progresif dan ulet, inisiatif dan kreatif,
pengendalian diri, serta kemantapan diri (kepercayaan diri) secara signifikan
berkontribusi dalam membentuk kemandirian siswa.Berdasarkan kesimpulan yang
diperoleh, berikut adalah beberapa saran yang dapat dipertimbangkan untuk
pengembangan lebih lanjut di SDN 064955, Penguatan Program Disiplin,
Peningkatan Kegiatan Kolaboratif, Inovasi dalam Penghargaan, Pengembangan
Kegiatan Ekstrakurikuler.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kemandirian siswa; Pembelajaran IPA; Siswa sekolah dasar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 05:18 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 05:18 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63679 |
