Nurhidayah, Rizki (2024) PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KECEMASAN TERHADAPKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7202442003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442003_Cover.pdf
Download (371kB)
![[thumbnail of 7202442003_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202442003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442003_Abstrak.pdf
Download (606kB)
![[thumbnail of 7202442003_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442003_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202442003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442003_Daftar_Isi.pdf
Download (888kB)
![[thumbnail of 7202442003_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442003_Daftar_Tabel.pdf
Download (335kB)
![[thumbnail of 7202442003_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442003_Daftar_Gambar.pdf
Download (329kB)
![[thumbnail of 7202442003_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (330kB)
![[thumbnail of 7202442003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442003_BAB_I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7202442003_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of 7202442003_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 7202442003_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
![[thumbnail of 7202442003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7202442003_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202442003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (19MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi jurnal penyesuaian yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh adversity quotient terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Jurnal Penyesuaian (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah Pada Materi Jurnal Penyesuaian (3) pengaruh Kecemasan terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Jurnal Penyesuaia. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan akuntansi keuangan dan Lembaga di SMK Negeri 1 Stabat yang berjumlah 69 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah 69 siswa, dimana Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner penelitian dan soal tes jurnal penyesuaian. Kuesioner penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas, sementara soal tes jurnal penyesuaian tidak dilakukan validitas dan reliabilitas karena menggunakan tes essay dari buku teks sekolah yang telah ber- ISBN. Kemudian data diolah dengan bantuan aplikasi SPSS 25.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai koefisien adversity quotient (X1) dan kemandirian belajar (X2) bernilai positif, dimana mengandung arti bahwa adversity quotient dan kemandirian belajar yang baik maka kemampuan pemecahan masalah siswa juga akan baik begitupun sebaliknya dengan syarat variabel yang lainnya bernilai tetap, sedangkan nilai koefisien Kecemasan (X3) bernilai negatif artinya semakin meningkatnya kecemasan maka akan menurunkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan pegujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah, kemandirian terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kecemasan terhadap kemampuan pemecahan masalah.Selanjutnya adversity quotient, kemandirian belajar dan kecemasan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan besarnya pengaruh ketiga variabel bebas tersebut adalah 87,4 %, sedangkan 12,6 % dijelaskan oleh variabel lain yang relevan yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Adversity Quotient, Kemandirian Belajar, Kecemasan, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:21 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63676 |