Tampubolon, Aryati Sovia Lazuba Br (2024) Pengaruh Media Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Dasar Konsep Spa Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
5192444006_Cover.pdf
Download (39kB)
5192444006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (809kB)
5192444006_Kata_Pengantar.pdf
Download (125kB)
5192444006_Abstrak.pdf
Download (225kB)
5192444006_Daftar_Isi.pdf
Download (453kB)
5192444006_Daftar_Tabel.pdf
Download (237kB)
5192444006_Daftar_Gambar.pdf
Download (266kB)
5192444006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (239kB)
5192444006_BAB_I.pdf
Download (358kB)
5192444006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
5192444006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (648kB)
5192444006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (965kB)
5192444006_BAB_V.pdf
Download (411kB)
5192444006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (349kB)
5192444006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diberikan media pembelajaran video tutorial pada materi Dasar Konsep Spa Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas kontrol yang diberikan media pembelajaran PowerPoint pada materi pelajaran Dasar Konsep Spa Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. (3) Untuk mengetahui pengaruh media video tutorial terhadap hasil belajar Dasar Konsep Spa Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design, dengan sampel penelitian sebanyak 60 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu 30 siswa kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan media video tutorial dan 30 siswa
kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan media powerpoint. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 40 soal yang telah di uji coba dan divalidasi. Teknik analis data yang digunakan berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dasar konsep spa yang di ajarkan menggunakan video tutorial diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,28. Sedangkan nilai rata - rata hasil belajar siswa yang diberikan media PowerPoint pada kelas kontrol sebesar 69,58. Hasil uji t diperoleh �ℎ����� > ������ atau 8,31>1,86 maka �� ditolak �� diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh signifikan media video tutorial terhadap hasil belajar dasar konsep spa siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam teruji kebenarannya. Hal ini berarti hasil belajar dasar konsep spa dengan menggunakan video tutorial dalam kategori baik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran; Video Tutorial; Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 04:54 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 04:54 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63674 |
