Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur oleh Siswa Kelas XI SMA Budi Murni 2 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022

Harianja, Hillary Tertia Millennia (2022) Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur oleh Siswa Kelas XI SMA Budi Murni 2 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2183311037 COVER.pdf] Text
1. NIM 2183311037 COVER.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 2. NIM 2183311037 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 2183311037 APPROVAL SHEET.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 3. NIM 2183311037 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 2183311037 ABSTRACT.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4. NIM 2183311037 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 2183311037 PREFACE.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 5. NIM 2183311037 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 2183311037 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 6. NIM 2183311037 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM 2183311037 LIST OF TABLE.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 7. NIM 2183311037 APPENDICES.pdf] Text
7. NIM 2183311037 APPENDICES.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 8. NIM 2183311037 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM 2183311037 CHAPTER I.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of 9. NIM 2183311037 CHAPTER II.pdf] Text
9. NIM 2183311037 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[thumbnail of 10. NIM 2183311037 CHAPTER III.pdf] Text
10. NIM 2183311037 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)
[thumbnail of 11. NIM 2183311037 CHAPTER IV.pdf] Text
11. NIM 2183311037 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM 2183311037 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM 2183311037 CHAPTER V.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 13. NIM 2183311037 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM 2183311037 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 14. NIM 2183311037 ENDCLOSURE.pdf] Text
14. NIM 2183311037 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model student facilitator and
explaining terhadap kemampuan menulis teks prosedur oleh siswa kelas XI SMA
Budi Murni 2 Medan tahun pembelajaran 2021/2022. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI SMA Budi Murni 2 Medan tahun pembelajaran
2021/2022. Sampel diambil secara acak sebanyak 72 orang, 36 orang untuk kelas
eksperimen dan 20 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen two group post-test design, dengan
instrumen penelitian berupa penugasan. Nilai rata-rata kelas kontrol adalah 55,
sedangkan untuk kelas eksperimen adalah 87. Dengan demikian, dapat dikatakan
bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks prosedur kelas eksperimen lebih
tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa hasil
data berdistribusi normal. Setelah dilakukan uji normalitas Lhitung<Ltabel pada taraf
signifikan, hasil uji normalitas data variabel Y adalah (0,073 < 0,0147), dan hasil
uji normalitas data variabel X adalah (0,060 < 0,147). Hasil uji homogenitas
kemampuan menulis teks prosedur adalah Fhitung < Ftabel yakni 1,01< 1,96 dan uji
hipotesis ttabel<thitung yaitu (2,03 < 21,7) sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model student
facilitator and explaining memberikan pengaruh yang lebih baik daripada strategi
ekspositori terhadap kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas XI SMA
Budi Murni 2 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: menulis; teks prosedur; model student facilitator and explaining (SFAE)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:58
Last Modified: 15 Jul 2025 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63664

Actions (login required)

View Item
View Item