Situmorang, Patresia (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Educaplay Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN 060970 Bagan Deli. Undergraduate thesis, UNIMED.
1212411025_Cover.pdf
Download (148kB)
1212411025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (879kB)
1212411025_Kata_Pengantar.pdf
Download (273kB)
1212411025_Abstrak.pdf
Download (248kB)
1212411025_Daftar_Isi.pdf
Download (264kB)
1212411025_Daftar_Tabel.pdf
Download (199kB)
1212411025_Daftar_Gambar.pdf
Download (199kB)
1212411025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (199kB)
1212411025_BAB_I.pdf
Download (226kB)
1212411025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (853kB)
1212411025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (351kB)
1212411025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (396kB)
1212411025_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (204kB)
1212411025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (222kB)
1212411025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media Educaplay terhadap hasil belajar IPAS kelas V SDN 060970 Bagan Deli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan pretest and posttest with non-equivalent control-group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 060970 Bagan Deli yang berjumlah 56 orang siswa dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa diketahui berdasarkan hasil analisis data nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Syarat hipotesis diterima berdasarkan uji t adalah jika Thitung > Ttabel, Thitung = 4,524 dan Ttabel = 1,673, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 70,53 dan rata-rata pada kelas eksperimen adalah 80,36. Hasil perhitungan effect sizes menggunakan rumus perhitungan cohen’s d, diperoleh nilai effect sizes sebesar 1,206 diinterpretasikan ke dalam tingkat pengaruh besar. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran koperatif tipe TGT berbantuan media Educaplay berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 060970 Bagan Deli
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Berbantuan media |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:19 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 03:19 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63638 |
