PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BINJAI DENGAN MINAT BACA SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Mendrofa, Nantina Yudita (2024) PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BINJAI DENGAN MINAT BACA SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7202142005_Cover.pdf] Text
7202142005_Cover.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of 7202142005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202142005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of 7202142005_Abstrak.pdf] Text
7202142005_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202142005_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202142005_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202142005_Daftar_Isi.pdf] Text
7202142005_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202142005_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202142005_Daftar_Tabel.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 7202142005_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202142005_Daftar_Gambar.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 7202142005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202142005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 7202142005_BAB_I.pdf] Text
7202142005_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7202142005_BAB_II.pdf] Text
7202142005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7202142005_BAB_III.pdf] Text
7202142005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 7202142005_BAB_IV.pdf] Text
7202142005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 7202142005_BAB_V.pdf] Text
7202142005_BAB_V.pdf

Download (727kB)
[thumbnail of 7202142005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202142005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202142005_Lampiran.pdf] Text
7202142005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa kelas XI
Akuntansi SMK Negeri 1 Binjai. (2) apakah minat baca memoderasi pengaruh antara penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL berjumlah 67 siswa dan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket. Kemudian data diolah menggunakan regresi linear MRA dengan bantuan SPSS versi 25.
Dari hasil regresi analisis linear MRA diperoleh nilai Y = -48,285 + 3,434 (Penggunaan Smartphone) – 0,064 (Penggunaan Smartphone * Minat Baca). Berdasarkan pengujian hipotesis
secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan smartphone dan motivasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel (5,693 > 1,997) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Namun minat baca tidak mampu memperkuat hubungan antara variabel
penggunaan smartphone meskipun signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan hasil regresi interaksi minat baca dengan penggunaan smartphone bernilai negatif – 0,064 dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (0,011 < 0,05). Berdasarkan hasil analisis serta pembahasan yang dilakukan, dapat disimpulkan: (1) Penggunaan Smartphone berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas XI akuntansi di SMK Negeri 1 Binjai. (2) Minat Baca memperlemah pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas XI akuntansi di SMK Negeri 1 Binjai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penggunaan Smartphone, Minat Baca, Motivasi Belajar dan MRA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:08
Last Modified: 15 Jul 2025 03:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63634

Actions (login required)

View Item
View Item