Ginting, Ovi Vinea (2025) GINTING. Perbedaan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Model Inquiry Learning Di Kelas IV SD Negeri 040450 Kabanjahe. Undergraduate thesis, UNIMED.
1211111046_Cover.pdf
Download (183kB)
1211111046_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (854kB)
1211111046_Kata_Pengantar.pdf
Download (613kB)
1211111046_Abstrak.pdf
Download (258kB)
1211111046_Daftar_Isi.pdf
Download (226kB)
1211111046_Daftar_Tabel.pdf
Download (214kB)
1211111046_Daftar_Gambar.pdf
Download (150kB)
1211111046_Daftar_Lampiran.pdf
Download (216kB)
1211111046_BAB_I.pdf
Download (316kB)
1211111046_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (441kB)
1211111046_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (425kB)
1211111046_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (418kB)
1211111046_BAB_V.pdf
Download (249kB)
1211111046_Daftar_Pustaka.pdf
Download (223kB)
1211111046_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Perbedaan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Discovery
Learning dengan Model Inquiry Learning di Kelas IV SD. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPAS antara penerapan model
pembelajaran Discovery Learning dan Inquiry Learning di kelas IV SD. Populasi
penelitian ini yaitu siswa kelas IV-A dan IV-B SDN 040450 Kabanjahe dengan
masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes
hasil belajar, yang sebelumnya dilakukan instrument penelitian berupa uji validitas,
uji reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Seterusnya data dianalisis
menggunakan uji persyarat analisis uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPAS siswa yang
diajarkan dengan model Discovery Learning dan model Inquiry Learning yang
dapat dilihat dari hasil uji t menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,2563 > 2,204).
Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, model pembelajaran Discovery
Learning mampu mengoptimalkan hasil belajar, menumbuhkan kemandirian,
merangsang pemikiran kritis, serta mendorong kreativitas dalam mencari solusi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Siswa sekolah dasar |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:09 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 03:09 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63631 |
