GINTING. Perbedaan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Model Inquiry Learning Di Kelas IV SD Negeri 040450 Kabanjahe

Ginting, Ovi Vinea (2025) GINTING. Perbedaan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Model Inquiry Learning Di Kelas IV SD Negeri 040450 Kabanjahe. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1211111046_Cover.pdf] Text
1211111046_Cover.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1211111046_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1211111046_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (854kB)
[thumbnail of 1211111046_Kata_Pengantar.pdf] Text
1211111046_Kata_Pengantar.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of 1211111046_Abstrak.pdf] Text
1211111046_Abstrak.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 1211111046_Daftar_Isi.pdf] Text
1211111046_Daftar_Isi.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 1211111046_Daftar_Tabel.pdf] Text
1211111046_Daftar_Tabel.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1211111046_Daftar_Gambar.pdf] Text
1211111046_Daftar_Gambar.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 1211111046_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1211111046_Daftar_Lampiran.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 1211111046_BAB_I.pdf] Text
1211111046_BAB_I.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 1211111046_BAB_II.pdf] Text
1211111046_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[thumbnail of 1211111046_BAB_III.pdf] Text
1211111046_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[thumbnail of 1211111046_BAB_IV.pdf] Text
1211111046_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[thumbnail of 1211111046_BAB_V.pdf] Text
1211111046_BAB_V.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 1211111046_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1211111046_Daftar_Pustaka.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 1211111046_Lampiran.pdf] Text
1211111046_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perbedaan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Discovery
Learning dengan Model Inquiry Learning di Kelas IV SD. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPAS antara penerapan model
pembelajaran Discovery Learning dan Inquiry Learning di kelas IV SD. Populasi
penelitian ini yaitu siswa kelas IV-A dan IV-B SDN 040450 Kabanjahe dengan
masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes
hasil belajar, yang sebelumnya dilakukan instrument penelitian berupa uji validitas,
uji reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Seterusnya data dianalisis
menggunakan uji persyarat analisis uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPAS siswa yang
diajarkan dengan model Discovery Learning dan model Inquiry Learning yang
dapat dilihat dari hasil uji t menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,2563 > 2,204).
Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, model pembelajaran Discovery
Learning mampu mengoptimalkan hasil belajar, menumbuhkan kemandirian,
merangsang pemikiran kritis, serta mendorong kreativitas dalam mencari solusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran; Siswa sekolah dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:09
Last Modified: 15 Jul 2025 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63631

Actions (login required)

View Item
View Item