Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Elemen Menggambar Teknik Kelas X TKR Di Smk Dwiwarna Medan

Oktaviana M, Fitri (2024) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Elemen Menggambar Teknik Kelas X TKR Di Smk Dwiwarna Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5192422002_Cover.pdf] Text
5192422002_Cover.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 5192422002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5192422002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 5192422002_Kata_Pengantar.pdf] Text
5192422002_Kata_Pengantar.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 5192422002_Abstrak.pdf] Text
5192422002_Abstrak.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 5192422002_Daftar_Isi.pdf] Text
5192422002_Daftar_Isi.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 5192422002_Daftar_Tabel.pdf] Text
5192422002_Daftar_Tabel.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 5192422002_Daftar_Gambar.pdf] Text
5192422002_Daftar_Gambar.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 5192422002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5192422002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 5192422002_BAB_I.pdf] Text
5192422002_BAB_I.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 5192422002_BAB_II.pdf] Text
5192422002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[thumbnail of 5192422002_BAB_III.pdf] Text
5192422002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[thumbnail of 5192422002_BAB_IV.pdf] Text
5192422002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[thumbnail of 5192422002_BAB_V.pdf] Text
5192422002_BAB_V.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 5192422002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5192422002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 5192422002_Lampiran.pdf] Text
5192422002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Sebagian siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari elemen gambar teknik, terbukti dengan 33,3% siswa mempunyai nilai KKM yang lebih rendah. Berdasarkan permasalahan di atas, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar siswa yang mempengaruhi rendahnya hasil akademik dan faktor-faktor yang dapat menyebabkan kesulitan siswa dalam mempelajari mata pelajaran gambar teknik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan jenis kesulitan belajar menggambar teknik pada siswa kelas X TKR SMK Dwiwarna Medan. (2) Menjelaskan faktor kesulitan dalam belajar menggambar teknik pada siswa kelas X TKR SMK Dwiwarna Medan.
Penelitian ini mengambi data melalui observasi dan angket. Observasi yang dilakukan adalah dengan melakukan pengamatan ketika guru dan siswa sedang berinteraksi selama kegiatan pembelajaran lalu kemudian dilakukan penyebaran angket kepada siswa. Angket berupa butir-butir pertanyaan yang dibuat untuk bertujuan mendapatkan informasi mengenai kesulitan belajar siswa dengan 4 pilihan jawaban yang mengunakan skala Likert yang telah divalidasi oleh dosen ahli.
Hasil dari angket tersebut dapat diketahui persentase dari jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa sebesar 58%. Kesulitan belajar disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Pada faktor internal, aspek kognitif (ranah cipta) memiliki rata-rata 63,3%, aspek afektif (ranah rasa) memiliki rata-rata 57,2%, dan aspek psikomotor (ranah karsa) memiliki rata-rata 46,6%. Sementara pada faktor eksternal, terdapat tiga aspek: aspek lingkungan keluarga dengan rata-rata 64,7%, aspek lingkungan perkampungan/masyarakat dengan rata-rata 59,2%, dan aspek lingkungan sekolah dengan rata-rata 59%.
Dari data beberapa aspek dapat disimpulkan, siswa SMK Dwiwarna Medan pada elemen menggambar teknik mengalami kesulitan belajar dengan kategori “Kesulitan tinggi", dengan rata-rata persentase 58%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis, Kesulitan Belajar, Jenis Kesulitan Belajar, Faktor Kesulitan, Menggambar Teknik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:55
Last Modified: 15 Jul 2025 02:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63626

Actions (login required)

View Item
View Item