-, Nurmaidah (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Montessori Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN 112271 Siamporik T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311029_Cover.pdf
Download (187kB)
1203311029_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (490kB)
1203311029_Kata_Pengantar.pdf
Download (268kB)
1203311029_Abstrak.pdf
Download (204kB)
1203311029_Daftar_Isi.pdf
Download (234kB)
1203311029_Daftar_Tabel.pdf
Download (288kB)
1203311029_Daftar_Gambar.pdf
Download (173kB)
1203311029_Daftar_Lampiran.pdf
Download (318kB)
1203311029_BAB_I.pdf
Download (455kB)
1203311029_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (827kB)
1203311029_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (579kB)
1203311029_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311029_BAB_V.pdf
Download (228kB)
1203311029_Daftar_Pustaka.pdf
Download (403kB)
1203311029_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk: mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil penerapan metode pembelajaran montessori berbasis canva untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 112271 Siamporik Tahun Ajaran 2024/2025. Hal ini berdasarkan permasalahan siswa yang belum bisa membaca serta ada juga siswa yang sama sekali belum mengenal huruf dan tidak tahu membedakan antara huruf vocal dan konsonan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I A SDN 112271 Siamporik dengan jumlah siswa 25 orang. Waktu pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil T.A. 2024/2025. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, tes, dan non tes (observasi dan dokumentasi). Pada hasil pre-test membaca di prasiklus siswa mendapatkan rata-rata nilai 60,6. Selanjutnya setelah diberikan tindakan metode pembelajaran montessori berbasis canva pada siklus I, untuk perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru pada pertemuan I mendapat persentase skor 78,82% dan di pertemuan II mendapat persentase skor 81,17%, untuk pengamatan pembelajaran aktivitas guru mendapat nilai 63,75% di pertemuan I dan 75% dipertemuan II, sedangkan untuk aktivitas siswa mendapat nilai 60% di pertemuan I dan 75% di pertemuan II, hasil membaca siswa meningkat dengan rata-rata nilai 69,8. Kemudian dilanjutkan dengan siklus II untuk perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru pada pertemuan I mendapat persentase skor 88,23% dan di pertemuan II mendapat persentase skor 91,67%, untuk pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru mendapat nilai 85% di pertemuan I dan 92,5% dipertemuan II, sedangkan untuk aktivitas siswa mendapat nilai 82,5% di pertemuan I dan 87,5% di pertemuan II serta hasil membaca siswa meningkat dengan rata-rata nilai 82,2. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan setelah dilakukannya Metode Pembelajaran Montessori Berbasis Canva dalam meningkatkan keterampilan membaca pemulaan siswa kelas 1 SDN 112271 Siamporik T.A 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Metode pembelajaran; Keterampilan membaca; Siswa sekolah dasar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:33 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 02:33 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63624 |
