Sidauruk, Nadia Octavia (2025) Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Perancangan Gambar Teknik Busana Menggunakan Aplikasi CorelDRAW di SMK RK Bintang Timur Pematangsiantar. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5183143015_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183143015_Cover.pdf
Download (199kB)
![[thumbnail of 5183143015_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183143015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (569kB)
![[thumbnail of 5183143015_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183143015_Kata_Pengantar.pdf
Download (222kB)
![[thumbnail of 5183143015_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183143015_Abstrak.pdf
Download (278kB)
![[thumbnail of 5183143015_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183143015_Daftar_Isi.pdf
Download (275kB)
![[thumbnail of 5183143015_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183143015_Daftar_Tabel.pdf
Download (191kB)
![[thumbnail of 5183143015_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183143015_Daftar_Gambar.pdf
Download (247kB)
![[thumbnail of 5183143015_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183143015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (191kB)
![[thumbnail of 5183143015_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183143015_BAB_I.pdf
Download (411kB)
![[thumbnail of 5183143015_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183143015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (693kB)
![[thumbnail of 5183143015_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183143015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (890kB)
![[thumbnail of 5183143015_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183143015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5183143015_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183143015_BAB_V.pdf
Download (254kB)
![[thumbnail of 5183143015_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183143015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (241kB)
![[thumbnail of 5183143015_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183143015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kegiatan pembelajaran di kelas XI Tata Busana pada materi gambar teknik busana masih kurang baik dilihat dari rendahnya hasil belajar siswa dalam mendesain gambar teknik busana dan kurangnya keaktifan siswa dalam belajar. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan belum menggunakan model pembelajaran yang tepat. Maka dari itu dibutuhkan model Project Based Learning (PjBL) untuk mengetahui bagaimana penerapan model tersebut untuk perancangan gambar teknik busana menggunakan aplikasi CorelDRAW di SMK RK Bintang Timur Pematangsiantar. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang termasuk kedalam penelitian kualitatif. Penelitian ini diakukan dengan menerapkan Project Based Learning (PjBL) pada kelas XI dengan jumlah siswa 30, dilakukan dengan dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dengan 1x pertemuan. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa lembar kerja peserta didik, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan data kualtitatif yaitu lembar observasi dan lembar penilaian praktik untuk melihat apakah terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar setelah diterapkannya Project Based Learning (PjBL). Dari temuan yang sudah diperoleh diambil kesimpulan penerapan model Project Based Learning (PjBL) terbukti dapat menambah tingkat keaktifan peserta didik,
hal ini dibuktikan dengan hasil perolehan keaktifan peserta didik pada pra siklus sebesar 50% yang termasuk dalam kriteria cukup, siklus I memperoleh 77,9% dengan kriteria baik, dan meningkat menjadi 86,7% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Penggunaan model ini juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh skor
36,6% dan meningkat pada siklus II dengan skor 86,6,%, dengan demikian pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kelas XI Tata Busana A SMK RK Bintang Timur Pematangsiantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | keaktifan belajar; hasil belajar; Project Based Learning (PjBL); gambar teknik busana; CorelDRAW |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:00 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63613 |