Kurnia, Vivi (2025) Hubungan Motivasi Belajar dan Dukungan Peer Group dengan Hasil Praktik Kuliner Siswa SMK Putra Anda Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
5202442004_Cover.pdf
Download (225kB)
5202442004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (783kB)
5202442004_Kata_Pengantar.pdf
Download (156kB)
5202442004_Abstrak.pdf
Download (650kB)
5202442004_Daftar_Isi.pdf
Download (238kB)
5202442004_Daftar_Tabel.pdf
Download (211kB)
5202442004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (313kB)
5202442004_BAB_I.pdf
Download (548kB)
5202442004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (896kB)
5202442004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5202442004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (978kB)
5202442004_BAB_V.pdf
Download (356kB)
5202442004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (207kB)
5202442004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Motivasi belajar siswa; (2) Dukungan peer group siswa; (3) Hasil Praktik Kuliner; (4) Hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil praktik Kuliner pada olahan tepung kanji; (5)
Hubungan dukungan peer group siswa dengan hasil praktik Kuliner pada olahan tepung kanji; (6) Hubungan motivasi belajar dan dukungan peer group dengan hasil praktik Kuliner pada olahan tepung kanji. Lokasi penelitian dilaksanakan di
SMK Putra Anda Binjai, waktu penelitian dari Agustus – Oktober 2024. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI Tata Boga. Teknik penentuan sampel secara Total Sampling dan jumlah sampel 34 siswa. Teknik pengumpulan data
dengan angket untuk motivasi belajar dan dukungan peer group, untuk hasil praktik kuliner melalui penilaian hasil praktik. Teknik analisis data secara deskripsi data dan uji persyaratan analisis, dengan uji normalitas, dan uji linieritas, serta uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, uji korelasi parsial dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan motivasi
belajar, dan dukungan peer group termasuk kategori cenderung cukup dengan nilai masing-masing sebesar 67,65 persen dan 58,82 persen. Tingkat kecenderungan hasil praktik kuliner termasuk kategori baik sebesar 64,71 persen. Hasil analisis korelasi parsial, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil praktik kuliner dengan nilai korelasi parisal ryx1x2 = 0,79 dan nilai koefisien korelasi parsial (7,33 > 1,69) pada taraf signifikan 5 persen. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan peer group dengan hasil praktik kuliner dengan nilai korelasi parsial ryx2x1 = 0,48 dan nilai koefisien korelasi parsial (3,11 > 1,69) pada taraf signifikan 5 persen. Hasil analisis korelasi ganda, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan dukungan peer group dengan hasil praktik kuliner dengan nilai korelasi ganda Ryx1x2 = 0,91 dan nilai koefisien korelasi ganda (74 > 3,30) pada taraf siginifikan 5 persen. Artinya semakin tinggi motivasi belajar dan dukungan peer group maka semakin tinggi hasil praktik kuliner.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Motivasi belajar; Peer group; Hasil praktik; Kuliner |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 00:56 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 00:56 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63600 |
