PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DENGAN MEDIA QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI SMK NEGERI 13 MEDAN

Sirati, Monica Verawati (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DENGAN MEDIA QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI SMK NEGERI 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203142024_Cover.pdf] Text
7203142024_Cover.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 7203142024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203142024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (921kB)
[thumbnail of 7203142024_Abstrak.pdf] Text
7203142024_Abstrak.pdf

Download (712kB)
[thumbnail of 7203142024_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203142024_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142024_Daftar_Isi.pdf] Text
7203142024_Daftar_Isi.pdf

Download (871kB)
[thumbnail of 7203142024_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203142024_Daftar_Tabel.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 7203142024_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203142024_Daftar_Gambar.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 7203142024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203142024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 7203142024_BAB_I.pdf] Text
7203142024_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203142024_BAB_II.pdf] Text
7203142024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 7203142024_BAB_III.pdf] Text
7203142024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7203142024_BAB_IV.pdf] Text
7203142024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 7203142024_BAB_V.pdf] Text
7203142024_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[thumbnail of 7203142024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203142024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (910kB)
[thumbnail of 7203142024_Lampiran.pdf] Text
7203142024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar serta hasil belajar akuntansi siswa di SMK Negeri 13 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Scaffolding dengan media Quizizz. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 13 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2024/2025 dengan subjek siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 13 Medan dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Scaffolding dengan media Quizizz untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdapat empat tahapan pada penelitian Tindakan kelas yang harus dilalui, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan test dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan data kuantatif dan kualitatif menggunakan Microsoft Excel. Berdasarakan hasil analisis diperoleh hasil pada siklus I aktivitas belajar siswa yang termasuk kategori aktif berjumlah 61,9% dan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥75 berjumlah 64,7%, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Di siklus II aktivitas belajar siswa dengan kategori aktif meningkat hingga 91,2% dan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥75 meningkat hingga 91,1%. Sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Scaffolding dengan media Quizizz dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa di SMK Negeri 13 Medan TA. 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Scaffolding, Quizizz
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 14 Jul 2025 09:29
Last Modified: 14 Jul 2025 09:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63598

Actions (login required)

View Item
View Item