Erlangga, Bayu (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan software Flip PDF Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI Di Smk Ti Swasta Budi Agung Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5183122030_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183122030_Cover.pdf
Download (159kB)
![[thumbnail of 5183122030_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183122030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (946kB)
![[thumbnail of 5183122030_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183122030_Kata_Pengantar.pdf
Download (772kB)
![[thumbnail of 5183122030_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183122030_Abstrak.pdf
Download (740kB)
![[thumbnail of 5183122030_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183122030_Daftar_Isi.pdf
Download (645kB)
![[thumbnail of 5183122030_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183122030_Daftar_Tabel.pdf
Download (212kB)
![[thumbnail of 5183122030_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183122030_Daftar_Gambar.pdf
Download (366kB)
![[thumbnail of 5183122030_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183122030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (259kB)
![[thumbnail of 5183122030_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183122030_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 5183122030_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183122030_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 5183122030_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183122030_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 5183122030_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183122030_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 5183122030_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183122030_BAB_V.pdf
Download (624kB)
![[thumbnail of 5183122030_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183122030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (440kB)
![[thumbnail of 5183122030_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183122030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan software flip PDF terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga kendaraan ringan di kelas XI TKRO di SMK TI Swasta Budi Agung Medan2;
Menguji kelayakan media pembelajaran interaktif menggunakan software flip PDF. Mengukur efektivitas penggunaan interaktif menggunakan software flip PDF terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga kendaraan ringan di kelas XI TKRO SMK TI Swasta Budi Agung Medan4.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK TI Swasta Budi Agung Medan, dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XI TKRO5. Metode R&D pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu (1) Analysis (menganalisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi)6.
Hasil penelitian yang diperoleh dalam menguji tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berdasarkan validasi/penilaian dari ahli materi didapat nilai rata-rata dengan kategori "Sangat Layak", ahli media diperoleh nilai rata-rata 3,50 dengan kategori "Sangat Layak", ahli desain pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 3,77 dengan kategori "Sangat Layak"7. Pada tahap uji coba dilakukan secara one to one diperoleh nilai rata-rata 3,56 dengan kategori "Sangat Layak", uji coba kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata 3,45 dengan kategori "Sangat Layak" dan uji coba kelompok besar diperoleh nilai rata-rata 3,60 dengan kategori "Sangat Layak"8. Total nilai rata-rata keseluruhan adalah 3,58 dengan kategori "Sangat Layak"9. Hasil penelitian yang diperoleh dalam mengukur efektivitas media pembelajaran interaktif menunjukkan nilai pre-test sebesar 2,58 dan nilai post-test sebesar 84,35 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 51,77, kemudian nilai N-Gain yang didapatkan sebesar 0,77 dengan kategori tinggi dan persentase 76,89% dengan kategori efektif. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan software flip PDF sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran serta efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga kendaraan ringan di kelas XI TKRO SMK TI Swasta Budi Agung Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, pembelajaran interaktif, hasil belajar, kelayakan, efektifitas10 |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 09:15 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 09:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63591 |