PENGARUH LABORATORIUM VIRTUAL PhET COLORADO MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI-REAKSI KIMIA DAN DINAMIKANYA

Zendrato, Natasya (2024) PENGARUH LABORATORIUM VIRTUAL PhET COLORADO MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI-REAKSI KIMIA DAN DINAMIKANYA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203151018_Cover.pdf] Text
4203151018_Cover.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 4203151018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203151018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 4203151018_Abstrak.pdf] Text
4203151018_Abstrak.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 4203151018_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203151018_Kata_Pengantar.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 4203151018_Daftar_Isi.pdf] Text
4203151018_Daftar_Isi.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 4203151018_BAB_I.pdf] Text
4203151018_BAB_I.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4203151018_BAB_II.pdf] Text
4203151018_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[thumbnail of 4203151018_BAB_III.pdf] Text
4203151018_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[thumbnail of 4203151018_BAB_IV.pdf] Text
4203151018_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[thumbnail of 4203151018_BAB_V.pdf] Text
4203151018_BAB_V.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 4203151018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203151018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 4203151018_Lampiran.pdf] Text
4203151018_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Laboratorium Virtual PhET Colorado Menggunakan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi-Reaksi Kimia Dan Dinamikanya. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain Two Group Pretest- Posttest Control Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yakni kelas IX-3 (Kelas Eksperimen 1) dengan Laboratorium Virtual PhET Colorado Menggunakan Model Discovery Learning dan IX-6 (Kelas Eksperimen 2) dengan model pembelajaran Discovery Learning. Pengumpulan data dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Data rata-rata pretest dan posttest hasil belajar pada kelas eksperimen 1 masing masing adalah 49.833 dan 78.333 dan pada kelas eksperimen 2 yaitu 40.166 dan 61.5. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan terjadi pada hasil belajar siswa di kelas eksperimen 1 dengan menerapkan Laboratorium Virtual PhET Colorado Menggunakan Model Discovery Learning 5.198>1.672 (n=30) dengan taraf signifikansi 0,05 atau 5% yang menyatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh Laboratorium Virtual PhET Colorado Menggunakan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi-Reaksi Kimia Dan
Dinamikanya.”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.39 Zen p
Keywords: Laboratorium; Virtual PhET Colorado; Discovery learning; Hasil belajar; Reaksi kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3201 School architecture and equipment. School physical facilities. Campus planning
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Jul 2025 08:34
Last Modified: 14 Jul 2025 08:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63585

Actions (login required)

View Item
View Item