Khairafah, Muthia Embun (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP SWASTA PAHLAWAN NASIONAL. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203151022_Cover.pdf
Download (27kB)
4203151022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (146kB)
4203151022_Abstrak.pdf
Download (320kB)
4203151022_Kata_Pengantar.pdf
Download (303kB)
4203151022_Daftar_Isi.pdf
Download (248kB)
4203151022_BAB_I.pdf
Download (92kB)
4203151022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (270kB)
4203151022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (402kB)
4203151022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (463kB)
4203151022_BAB_V.pdf
Download (61kB)
4203151022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (185kB)
4203151022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Swasta Pahlawan Nasional yang berjumlah 181 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diperoleh berdasarkan teknik probility random sampling. Kemudian diberi perlakukan yang berbeda kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Hasil rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 68,53 dan kelas kontrol 56,31. Selanjutnya, data dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data dari pre-test dan post-test normal dan homogen. Selanjutnya, data post-test di uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel (1,921 >1,671). Maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian data menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Swasta Pahlawan Nasional. Perhitungan g Faktor (N-Gain) sebesar 0,74 menunjukkan kategori tinggi yang artinya efektif dan dilihat dari hasil perhitungan dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Problem Based Learning kelas VIII SMP Swasta Pahlawan Nasional.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 530.124 Kha p |
| Keywords: | Problem based learning; Hasil belajar; Getaran; Gelombang |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QH Natural history |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:11 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 08:11 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63581 |
