PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP SWASTA PAHLAWAN NASIONAL

Khairafah, Muthia Embun (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP SWASTA PAHLAWAN NASIONAL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203151022_Cover.pdf] Text
4203151022_Cover.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 4203151022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203151022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4203151022_Abstrak.pdf] Text
4203151022_Abstrak.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 4203151022_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203151022_Kata_Pengantar.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 4203151022_Daftar_Isi.pdf] Text
4203151022_Daftar_Isi.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4203151022_BAB_I.pdf] Text
4203151022_BAB_I.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4203151022_BAB_II.pdf] Text
4203151022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[thumbnail of 4203151022_BAB_III.pdf] Text
4203151022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[thumbnail of 4203151022_BAB_IV.pdf] Text
4203151022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[thumbnail of 4203151022_BAB_V.pdf] Text
4203151022_BAB_V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4203151022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203151022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 4203151022_Lampiran.pdf] Text
4203151022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Swasta Pahlawan Nasional yang berjumlah 181 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diperoleh berdasarkan teknik probility random sampling. Kemudian diberi perlakukan yang berbeda kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Hasil rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 68,53 dan kelas kontrol 56,31. Selanjutnya, data dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data dari pre-test dan post-test normal dan homogen. Selanjutnya, data post-test di uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel (1,921 >1,671). Maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian data menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Swasta Pahlawan Nasional. Perhitungan g Faktor (N-Gain) sebesar 0,74 menunjukkan kategori tinggi yang artinya efektif dan dilihat dari hasil perhitungan dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Problem Based Learning kelas VIII SMP Swasta Pahlawan Nasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.124 Kha p
Keywords: Problem based learning; Hasil belajar; Getaran; Gelombang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Jul 2025 08:11
Last Modified: 14 Jul 2025 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63581

Actions (login required)

View Item
View Item