Syahputra, Muhammad Fadly (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 107400 Bandar Khalifah T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311010_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311010_Cover.pdf
Download (260kB)
![[thumbnail of 1203311010_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203311010_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311010_Kata_Pengantar.pdf
Download (414kB)
![[thumbnail of 1203311010_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311010_Abstrak.pdf
Download (457kB)
![[thumbnail of 1203311010_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311010_Daftar_Isi.pdf
Download (419kB)
![[thumbnail of 1203311010_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311010_Daftar_Tabel.pdf
Download (468kB)
![[thumbnail of 1203311010_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311010_Daftar_Gambar.pdf
Download (463kB)
![[thumbnail of 1203311010_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (364kB)
![[thumbnail of 1203311010_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311010_BAB_I.pdf
Download (688kB)
![[thumbnail of 1203311010_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203311010_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203311010_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203311010_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311010_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (272kB)
![[thumbnail of 1203311010_BAB_VI.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311010_BAB_VI.pdf
Download (29kB)
![[thumbnail of 1203311010_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (302kB)
![[thumbnail of 1203311010_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311010_Lampiran.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS materi Memakan dan Dimakan di SD Negeri 107400 Bandar Khalifah Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan peneltian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa wawancara, dokumentasi dan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 107400 Bandar Khalifah, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VB yang berjumlah 19 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan Kelas VA yang berjumlah 17 siswa sebagai kelompok kontrol dengan metode ceramah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda (multi choice) dengan empat pilihan (option). teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik uji-t (t-test) dengan menggunakan SPSS 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan metode ceramah. Pada uji Independent Sample T-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,03 < 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Problem Based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS materi Manfaat Memakan dan Dimakan kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalifah T.A 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Berfikir kritis; Model pembelajaran; Mata pelajaran IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:03 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63580 |