PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ADMINISTRASI PAJAK DI SMK N 1 SIDIKALANG

Lingga, Marni Lolo (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ADMINISTRASI PAJAK DI SMK N 1 SIDIKALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7202142006_Cover.pdf] Text
7202142006_Cover.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 7202142006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202142006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202142006_Abstrak.pdf] Text
7202142006_Abstrak.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of 7202142006_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202142006_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202142006_Daftar_Isi.pdf] Text
7202142006_Daftar_Isi.pdf

Download (634kB)
[thumbnail of 7202142006_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202142006_Daftar_Tabel.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 7202142006_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202142006_Daftar_Gambar.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 7202142006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202142006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 7202142006_BAB_I.pdf] Text
7202142006_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7202142006_BAB_II.pdf] Text
7202142006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 7202142006_BAB_III.pdf] Text
7202142006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7202142006_BAB_IV.pdf] Text
7202142006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 7202142006_BAB_V.pdf] Text
7202142006_BAB_V.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of 7202142006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202142006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202142006_Lampiran.pdf] Text
7202142006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahanya aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AKL 1 SMK N 1 Sidikalang yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Dari lembar hasil observasi aktivitas pada pertemuan pertama siklus I terdapat 1 siswa (2,77%) untuk kriteria tidak aktif, 18 siswa (50,00%) kriteria kurang aktif, 11 siswa (30,55%) kriteria cukup aktif, dan 6 siswa (16,66%) kriteria aktif. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I terdapat 1 siswa (2,77%) untuk kriteria tidak aktif, 12 siswa (33,33%) kriteria kurang aktif, 10 siswa (27,77%) kriteria cukup aktif, 12 siswa (33,33%) kriteria aktif dan 2 siswa (5,55%) kriteria sangat aktif. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa rata-rata siswa yang dapat dikatakan aktif pada siklus I sebanyak 27,77% sedangkan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus II pertemuan pertama, terdapat 4 siswa (11,11%) untuk kriteria tidak aktif, 4 siswa (11,11%) kriteria kurang aktif, 1 siswa (2,77%) kriteria cukup aktif, dan 27 siswa (75,00%) kriteria aktif. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus II terdapat 2 siswa (2,77%) untuk kriteria tidak aktif, 3 siswa (8,33%) kriteria kurang aktif, 2 siswa (2,77%) kriteria cukup aktif, 26 siswa (72,77%) kriteria aktif dan 3 siswa (8,33%) kriteria sangat aktif. Dari hasil tersebut dapat diketahui jumlah rata-rata siswa yang dikategorikan aktif siklus II adalah sebanyak 77,77%, . Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata pre-test (72,77%) dengan siswa yang tuntas 17 orang (47,22%) dan hasil post-test Siklus I dengan rata-rata nilai (75%) dengan siswa yang tuntas 19 orang (52,77%) dan post-test Siklus II dengan nilai rata-rata (85,27) dengan siswa yang tuntas 32 (88,88%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥85%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar administrasi pajak siswa kelas XI AKL 1 SMK N 1 Sidikalang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas belajar.Hasil Belajar Administrasi Pajak.Contextual Teaching and Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 14 Jul 2025 04:56
Last Modified: 14 Jul 2025 04:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63568

Actions (login required)

View Item
View Item