Lingga, Marni Lolo (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ADMINISTRASI PAJAK DI SMK N 1 SIDIKALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7202142006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142006_Cover.pdf
Download (293kB)
![[thumbnail of 7202142006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202142006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142006_Abstrak.pdf
Download (733kB)
![[thumbnail of 7202142006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142006_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202142006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142006_Daftar_Isi.pdf
Download (634kB)
![[thumbnail of 7202142006_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142006_Daftar_Tabel.pdf
Download (329kB)
![[thumbnail of 7202142006_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142006_Daftar_Gambar.pdf
Download (327kB)
![[thumbnail of 7202142006_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (330kB)
![[thumbnail of 7202142006_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142006_BAB_I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7202142006_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7202142006_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7202142006_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
![[thumbnail of 7202142006_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142006_BAB_V.pdf
Download (601kB)
![[thumbnail of 7202142006_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202142006_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (33MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahanya aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AKL 1 SMK N 1 Sidikalang yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Dari lembar hasil observasi aktivitas pada pertemuan pertama siklus I terdapat 1 siswa (2,77%) untuk kriteria tidak aktif, 18 siswa (50,00%) kriteria kurang aktif, 11 siswa (30,55%) kriteria cukup aktif, dan 6 siswa (16,66%) kriteria aktif. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I terdapat 1 siswa (2,77%) untuk kriteria tidak aktif, 12 siswa (33,33%) kriteria kurang aktif, 10 siswa (27,77%) kriteria cukup aktif, 12 siswa (33,33%) kriteria aktif dan 2 siswa (5,55%) kriteria sangat aktif. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa rata-rata siswa yang dapat dikatakan aktif pada siklus I sebanyak 27,77% sedangkan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus II pertemuan pertama, terdapat 4 siswa (11,11%) untuk kriteria tidak aktif, 4 siswa (11,11%) kriteria kurang aktif, 1 siswa (2,77%) kriteria cukup aktif, dan 27 siswa (75,00%) kriteria aktif. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus II terdapat 2 siswa (2,77%) untuk kriteria tidak aktif, 3 siswa (8,33%) kriteria kurang aktif, 2 siswa (2,77%) kriteria cukup aktif, 26 siswa (72,77%) kriteria aktif dan 3 siswa (8,33%) kriteria sangat aktif. Dari hasil tersebut dapat diketahui jumlah rata-rata siswa yang dikategorikan aktif siklus II adalah sebanyak 77,77%, . Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata pre-test (72,77%) dengan siswa yang tuntas 17 orang (47,22%) dan hasil post-test Siklus I dengan rata-rata nilai (75%) dengan siswa yang tuntas 19 orang (52,77%) dan post-test Siklus II dengan nilai rata-rata (85,27) dengan siswa yang tuntas 32 (88,88%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥85%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar administrasi pajak siswa kelas XI AKL 1 SMK N 1 Sidikalang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas belajar.Hasil Belajar Administrasi Pajak.Contextual Teaching and Learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:56 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63568 |