Pengembangan E-Media Interaktif Nearpod Dengan Model Problem Based Learning pada Hasil Belajar IPAS Kelas IV SDS Pelangi.

Nainggolan, Monica Gabriela (2025) Pengembangan E-Media Interaktif Nearpod Dengan Model Problem Based Learning pada Hasil Belajar IPAS Kelas IV SDS Pelangi. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1213311051_Cover.pdf] Text
1213311051_Cover.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 1213311051_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1213311051_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of 1213311051_Kata_Pengantar.pdf] Text
1213311051_Kata_Pengantar.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 1213311051_Abstrak.pdf] Text
1213311051_Abstrak.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 1213311051_Daftar_Isi.pdf] Text
1213311051_Daftar_Isi.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 1213311051_Daftar_Tabel.pdf] Text
1213311051_Daftar_Tabel.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 1213311051_Daftar_Gambar.pdf] Text
1213311051_Daftar_Gambar.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 1213311051_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1213311051_Daftar_Lampiran.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 1213311051_BAB_I.pdf] Text
1213311051_BAB_I.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 1213311051_BAB_II.pdf] Text
1213311051_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213311051_BAB_III.pdf] Text
1213311051_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213311051_BAB_IV.pdf] Text
1213311051_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 1213311051_BAB_V.pdf] Text
1213311051_BAB_V.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 1213311051_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1213311051_Daftar_Pustaka.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 1213311051_Lampiran.pdf] Text
1213311051_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Nearpod dengan model Problem-Based Learning yang valid, praktis, dan efektif untuk mata pelajaran IPAS, khususnya pada materi mengubah bentuk energi bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan melalui observasi dan wawancara awal. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini melibatkan guru kelas dan siswa kelas IV SDS Pelangi, sedangkan objek penelitian berfokus pada media pembelajaran Nearpod dalam pembelajaran IPAS pada materi mengubah bentuk energi. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, tes, dan kuesioner, dengan instrumen berupa lembar wawancara guru, angket validasi materi, angket validasi media, angket praktisi pendidikan, serta soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi oleh ahli materi memperoleh persentase rata-rata sebesar 90% dengan kategori "sangat layak", sementara validasi oleh ahli desain media memperoleh persentase rata-rata 97% dengan kategori "sangat praktis". Pengujian efektivitas media menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa dari 54,73 (kategori "cukup praktis") menjadi 83,15 (kategori "sangat praktis") setelah menggunakan media Nearpod.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media interaktif; Hasil belajar; Siswa sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 14 Jul 2025 04:49
Last Modified: 14 Jul 2025 04:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63565

Actions (login required)

View Item
View Item