Sebayang, Emanovita Br (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA BERKOMUNIKASI ASERTIF MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109351011 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
109351011 LEMBAR PENGESAHAN..pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
109351011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
109351011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109351011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
109351011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
109351011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109351011 BAB I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
109351011 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
109351011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan berkomunikasi asertif dapat ditingkatkan melalui layanan konseling kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi assertif siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research). Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Instrumen berupa angket yang diberikan langsung kepada siswa di masing-masing kelas. Instrumen ini dibuat untuk menjaring siswa yang bermasalah dalam berkomunikasi asertif. Berdasarkan hasil aplikasi instrumentasi diperoleh besar subyek penelitian adalah 6 orang dengan rincian 3 siswa bermasalah dan 3 siswa yang tidak bermasalah. Berdasarkkan analisis terhadap hasil penelitian dikemukakan bahwa pada siklus I (pertama) kemampuan berkomunikasi siswa masih berada pada kriteria C (cukup). Namun pada siklus II (Kedua) terjadi peningkatan kemampuan berkomunikasi asertif yaitu berada pada kriteria B (baik). Berdasarkan hasil ini dapat dikemukakan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi: Konseling kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi asertif pada siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Seb m |
Keywords: | Kemampuan Berkomunikasi Asertif; Karakteristik; Manfaat; Faktor-faktor; Konseling Kelompok; Pendekatan Elektrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 08:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6356 |