Asmara, Juwita (2024) PENGARUH MODEL INQUIRY BASED LEARNING BERBANTU KOTAK MISTERIUS AKUNTANSI (KOMISI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMKS PAB 2 HELVETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203342021_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342021_Cover.pdf
Download (486kB)
![[thumbnail of 7203342021_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203342021_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342021_Abstrak.pdf
Download (720kB)
![[thumbnail of 7203342021_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342021_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203342021_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342021_Daftar_Isi.pdf
Download (720kB)
![[thumbnail of 7203342021_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342021_Daftar_Tabel.pdf
Download (443kB)
![[thumbnail of 7203342021_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342021_Daftar_Gambar.pdf
Download (442kB)
![[thumbnail of 7203342021_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (443kB)
![[thumbnail of 7203342021_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342021_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203342021_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342021_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7203342021_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342021_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203342021_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342021_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7203342021_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342021_BAB_V.pdf
Download (715kB)
![[thumbnail of 7203342021_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203342021_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI di SMKS PAB 2 Helvetia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan model Inquiry Based Learning berbantu kotak misterius akuntansi (KOMISI) berpengaruh dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI di SMKS PAB 2 Helvetia.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKS PAB 2 Helvetia. Jenis penelitian merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian yakni seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu sampel diambil atas dasar pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MPBL 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 orang dan siswa kelas XI MPBL 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model Inquiry Based Learning berbantu kotak misterius akuntansi (KOMISI) sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pretest dan postest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS versi 25.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pre-test pada kelas eksperimen adalah 41,67 dan kelas kontrol 36.06. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 87,83 dan kelas kontrol adalah 68,94. Hasil analisis data penelitian adalah berdistribusi normal dan homogen dalam penelitian ini, maka syarat untuk melakukan uji hipotesis melalui Independen Sample T-Test terpenuhi. Pada uji hipotesis melalui Independen Sample T-Test, didapatkan hasil bahwa nilai sig.(2- tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar akuntansi siswa antara kelas eksperimen (model Inquiry Based Learning berbantu kotak misterius akuntansi) dengan kelas kontrol (konvensional). Karena ada perbedaan maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh penggunaan model Inquiry Based Learning berbantu kotak misterius akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI pada materi kas kecil di SMKS PAB 2 Helvetia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Inquiry Based Learning, Kotak Misterius Akuntansi, Hasil Belajar Akuntansi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:54 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63556 |