Sihombing, Adi Chandra (2024) Pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar system pemindahan daya pada siswa kelas XI program keahlian teknik kendaraan ringan SMK N 4 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5193322013_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193322013_Cover.pdf
Download (54kB)
![[thumbnail of 5193322013_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193322013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (369kB)
![[thumbnail of 5193322013_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193322013_Kata_Pengantar.pdf
Download (226kB)
![[thumbnail of 5193322013_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193322013_Abstrak.pdf
Download (230kB)
![[thumbnail of 5193322013_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193322013_Daftar_Isi.pdf
Download (150kB)
![[thumbnail of 5193322013_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193322013_Daftar_Tabel.pdf
Download (196kB)
![[thumbnail of 5193322013_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193322013_Daftar_Gambar.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of 5193322013_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193322013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of 5193322013_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193322013_BAB_I.pdf
Download (329kB)
![[thumbnail of 5193322013_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193322013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (613kB)
![[thumbnail of 5193322013_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193322013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (767kB)
![[thumbnail of 5193322013_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193322013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (689kB)
![[thumbnail of 5193322013_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193322013_BAB_V.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of 5193322013_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193322013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (175kB)
![[thumbnail of 5193322013_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193322013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Pembelajaran yang berfokus pada guru mengakibatkan siswa menadi kurang
aktif dalam pembelajaran. Siswa cenderung menjadi pasif sehingga kurang aktif
ketika proses pembelajaran. Kondisi ini dapat membantu siswa untuk lebih aktif
lagi menerima pembelajaran dan menumbuhkan semangat mereka dalam belajar.
Dengan demikian diharapkan siswa dapat mencapai nilai ketuntasan belajar yang
optimal yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project based learning
(PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi teknik kendaraan ringan siswa
kelas XI SMK N 4 Medan. Metode penelitian ini yaitu quasi experiment. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK N 4 Medan. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh yang terdiri dari dua kelas, yaitu
XI TKR 1 Sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR 2 Sebagai kelas control.
Metode penelitian dilakukan secara eksperimen semu atau quasy exprimen.
Penelitian ini akan menggunakan perlakuan terhadap sampel penelitian berupa
model pembelajaran project based learning (pjbl). Pada kelas eksperimen
pembelajaran konvesional atau kelas kontrol tes hasil belajar dalam bentuk pilihan
berganda yang terdiri dari 15 soal yang telah divalidasi oleh ahli validator.
Sebelum dilakukan perlakuan yang berbeda dilakukan pretest yaitu nilai rat-rata
pretest kelas eksperimen 46,00 dan kelas control 44,00. Pada pengujian normalitas
dan homogenitas data pretest kedua kelas berdistribusi normal dan homogen.
Hasil uji T Pretest diperoleh –ttabel< thitung< ttabel (-2,002 < 1,01< 2,002), maka H0
diterima, artinya kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas control sama.
Hasil penelitian ini di peroleh setelah selesai dilakukan pembelajaran pada
kedua kelas maka dilakukan postes dengan Hasil yang di proleh adalah nilai rata
rata kelas eksperimen 80,67 dan control 76,00. Pada uji normalitas dan
homogenitas didapatkan data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t postes
diperoleh thitung> ttabel ((2,16> 1,671). Pada nilai Ha diterima, dan nilai N-Gain
untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa didapat pada kelas eksperimen
64,05% dan kelas control 56,09%, dimana ada perbedaan hasil belajar siswa
antara kelas eksperimen dan kelas control yang berarti ada pengaruh penerapan
model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar system
pemindahan daya pada siswa kelas XI program keahlian teknik kendaraan ringan
SMK N 4 Medan yaitu nilai siswa menjadi meningkat dibandingkan sebelum
dilakukan pembelajaran Project Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Project Based Learning, Hasil Belajar, Sistem Pemindahan Daya SMK N Medan. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:42 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63547 |