STRATEGI PEMBELAJARAN TARI RANUP LAMPUAN DENGAN METODE ISYARAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI PADA ANAK TUNARUNGU SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI BIREUEN

Agustina, Dea (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN TARI RANUP LAMPUAN DENGAN METODE ISYARAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI PADA ANAK TUNARUNGU SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI BIREUEN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2193341001_Cover.pdf] Text
2193341001_Cover.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 2193341001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2193341001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2193341001_Abstrak.pdf] Text
2193341001_Abstrak.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 2193341001_Kata_Pengantar.pdf] Text
2193341001_Kata_Pengantar.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 2193341001_Daftar_Isi.pdf] Text
2193341001_Daftar_Isi.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 2193341001_Daftar_Tabel.pdf] Text
2193341001_Daftar_Tabel.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 2193341001_Daftar_Gambar.pdf] Text
2193341001_Daftar_Gambar.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 2193341001_BAB_I.pdf] Text
2193341001_BAB_I.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 2193341001_BAB_II.pdf] Text
2193341001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[thumbnail of 2193341001_BAB_III.pdf] Text
2193341001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[thumbnail of 2193341001_BAB_IV.pdf] Text
2193341001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2193341001_BAB_V.pdf] Text
2193341001_BAB_V.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 2193341001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2193341001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 2193341001_Lampiran.pdf] Text
2193341001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan strategi pembelajaran tari Ranup
Lampuan dengan metode isyarat untuk meningkatkan kemampuan menari pada
anak tunarungu di SLB Negeri Bireuen, agar mengetahui hasil belajar siswa dengan
strategi pembelajaran metode isyarat pada tari Ranup Lampuan. Adapun teori yang
menjadi pijakan pada penelitian ini adalah teori metode isyarat menurut Subini
(2014:65). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif
statistic dikarenkan menggunakan rumus uji-T untuk melihat perbedaan
kemampuan anak sebelum dan sesudah menggunakan metode isyarat. Populasi
yang terdapat pada penelitian ini adalah siswi kelas VIII SLB Negeri Bireuen.
Sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah kelas VIII SLB Negeri Bireuen
yang memiliki jumlah siswa sebanyak 5 orang. Teknik analisis data yang dilakukan
pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada
pembelajaran seni tari dalam KD 4.1 Memeragakan gerak tari berdasarkan fungsi,
bentuk, teknik dan makna sesuai iringan. Hasil penelitian adalah jika dilihat dari Uji T
ialah t hitung > t tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya menunjukkan bahwa
hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan metode isyarat dari rata-rata
66,80 (pre-test) meningkat menjadi 84,40 (post-test) hasil tersebut menunjukkan
penggunaan metode isyarat pada pembelajaran seni tari dapat meningkatkan
kemampuan siswa kelas VIII SLB Negeri Bireuen. Hasil tersebut diperoleh dari
analisis uji T yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu ( 6,027 > 2,306 ),
sehingga hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Menari Siswa; Tari Ranup Lampuan; Strategi Pembelajaran dengan Metode Isyarat
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:32
Last Modified: 14 Jul 2025 03:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63540

Actions (login required)

View Item
View Item