Saragih, Mila Rosa (2025) Pengaruh Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Praktek Pastry SMK Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5203142027_Cover.pdf
Download (120kB)
5203142027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (704kB)
5203142027_Kata_Pengantar.pdf
Download (476kB)
5203142027_Abstrak.pdf
Download (678kB)
5203142027_Daftar_Isi.pdf
Download (283kB)
5203142027_Daftar_Tabel.pdf
Download (250kB)
5203142027_Daftar_Lampiran.pdf
Download (365kB)
5203142027_BAB_I.pdf
Download (1MB)
5203142027_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (967kB)
5203142027_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
5203142027_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
5203142027_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (333kB)
5203142027_BAB_VI.pdf
Download (191kB)
5203142027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
5203142027_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil praktik siswa membuat pastry menggunakan media video tutorial. (2) Hasil praktik siswa membuat pastry menggunakan media power point. (3) Pengaruh penggunaan media video tutorial terhadap hasil praktik siswa membuat pastry. Tempat penelitian di SMK Pariwisata Imelda Medan,waktu penelitian dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024 / 2025 bulan Agustus - Oktober 2024. Desain penelitian menggunakan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XII Tata Boga berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel secara random sampling sehingga diperoleh kelas XII Tata Boga 1 sebagai kelas eksperimen dan XII Tata Boga 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan test dan penilaian hasil praktik. Teknik analisis data secara deskripsi data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil praktik siswa membuat pastry yang menggunakan media video tutorial termasuk dalam kategori baik sebesar 72,22 persen dan tingkat kecenderungan hasil praktik siswa membuat pastry yang menggunakan media Power point termasuk dalam kategori cukup sebesar 61,11 persen. Berdasarkan hasil uji-t terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada media pembelajaran video tutorial terhadap hasil praktik pastry dengan nilai > (9,2 > 1,69), pada taraf signifikan 5 persen. Artinya media video tutorial berpengaruh terhadap hasil praktik siswa membuat pastry.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil praktik; Psstry; Power point |
| Subjects: | T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:22 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 03:22 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63537 |
