Nainggolan, Kevin (2025) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan menulis kalimat efektif di kelas IV SD Negeri 060827 Medan T.A. 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311122_Cover.pdf
Download (43kB)
1203311122_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (303kB)
1203311122_Kata_Pengantar.pdf
Download (188kB)
1203311122_Abstrak.pdf
Download (61kB)
1203311122_Daftar_Isi.pdf
Download (85kB)
1203311122_Daftar_Tabel.pdf
Download (32kB)
1203311122_Daftar_Gambar.pdf
Download (31kB)
1203311122_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
1203311122_BAB_I.pdf
Download (197kB)
1203311122_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (951kB)
1203311122_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (650kB)
1203311122_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (850kB)
1203311122_BAB_V.pdf
Download (86kB)
1203311122_Daftar_Pustaka.pdf
Download (161kB)
1203311122_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan menulis siswa kelas IV
SD SD Negeri 060827 Medan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa yang
kurang optimal, terutama dalam menyusun kalimat efektif. Tujuan penelitian ini
adalah mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan efektifitas dari pengembangan
bahan ajar berbasis aplikasi Canva pada materi kalimat efektif di kelas IV SD
060827 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D)
dengan model pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas
IV SD Negeri 060827 Medan yang berjumlah 30 orang. Data dikumpulkan
dengan cara wawancara, penyebaran angket, dan melakukan tes. Instrumen yang
digunakan terdiri dari angket ahli dan tes hasil belajar. Hasil penelitian
menunjukkan kelayakan bahan ajar mendapat persentase rata-rata yakni 89,77%
dalam kualifikasi sangat layak digunakan. Pada praktikalitas bahan ajar mendapat
persentase rata-rata yakni 89,77% dalam kualifikasi sangat praktis. Pada
efektifitas bahan ajar diperoleh dari rata-rata pretest dan posttest menggunakan
rumus N-gain dan memperoleh hasil batasan 0,40 yang termasuk dalam kategori
efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahan ajar berbasis Canva dapat
meningkatkan kemampuan menulis kalimat efektif siswa kelas IV di SD Negeri
060827 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Bahan ajar; Menulis; Klaimat efektif |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB51 Systems of individual educators and writers |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 11 Jul 2025 09:00 |
| Last Modified: | 11 Jul 2025 09:00 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63493 |
