Sari, Dewi Ratna (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, METODE PEMBELAJARAN, DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK SINAR HUSNI BM 1 LABUHAN DELI. Undergraduate thesis, UNIMED.
7183142002_Cover.pdf
Download (308kB)
7183142002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7183142002_Abstrak.pdf
Download (554kB)
7183142002_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7183142002_Daftar_Isi.pdf
Download (982kB)
7183142002_Daftar_Tabel.pdf
Download (280kB)
7183142002_Daftar_Gambar.pdf
Download (279kB)
7183142002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (277kB)
7183142002_BAB_I.pdf
Download (2MB)
7183142002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
7183142002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
7183142002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
7183142002_BAB_V.pdf
Download (822kB)
7183142002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7183142002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingginya tingkat kejenuhan belajar siswa di jurusan akuntansi SMK Sinar Husni BM 1 Labuhan Deli, dikarenakan rendahnya motivasi belajar yang dimiliki siswa, kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan, dan kurangnya kemampuan manajemen waktu siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui pengaruh motivasi belajar, metode pembelajaran, dan manajemen waktu terhadapkejenuhan belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Sinar Husni BM 1 Labuhan Deli.
Penelitian ini dilakukan di SMK Sinar Husni BM 1 Labuhan Deli. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa jurusan akuntansi SMK Sinar Husni BM 1 Labuhan Deli yang berjumlah 110 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang. Data dianalisis dengan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner. Data yang didapatkan dianalisis melalui uji PLS Algoritma, koefisien jalur dan pengujian hipotesis menggunakan Uji-t.
Hasil analisis yang diperoleh dari rata-rata varians direfleksikan diata 0,5 dan indikator outer loadings lebih tinggi dari 0,70. Dari data perhitungan untuk hipotesis motivasi belajar berpengaruh terhadap kejenuhan belajar, diperoleh P-Value sebesar 0,01 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap kejenuhan belajar siswa. Pada hipotesis metode pembelajaran berpengaruh terhadap kejenuhan belajar, diperoleh P-Value sebesar 0,04 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran berpengaruh terhadap kejenuhan belajar siswa. Selanjutnya hipotesis manajemen waktu berpengaruh terhadap kejenuhan belajar, diperoleh P-Value sebesar 0,02 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa manajemen waktu berpengaruh terhadap kejenuhan belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Motivasi Belajar, Metode Pembelajaran, Manajemen Waktu, Kejenuhan Belajar, Partial Least Square (PLS). |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 11 Jul 2025 05:04 |
| Last Modified: | 11 Jul 2025 05:04 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63459 |
