Tarigan, Mikha Evangelin (2024) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan Siswa Kelas X Program Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMKN 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5172131011_Cover.pdf
Download (181kB)
5172131011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (627kB)
5172131011_Kata_Pengantar.pdf
Download (673kB)
5172131011_Abstrak.pdf
Download (1MB)
5172131011_Daftar_Isi.pdf
Download (389kB)
5172131011_Daftar_Tabel.pdf
Download (370kB)
5172131011_Daftar_Gambar.pdf
Download (116kB)
5172131011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (215kB)
5172131011_BAB_I.pdf
Download (2MB)
5172131011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
5172131011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
5172131011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
5172131011_BAB_V.pdf
Download (1MB)
5172131011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
5172131011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya persepsi negatif siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar yang tergolong rendah sehingga membuat prestasi belajar siswa kurang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar dasar-dasar teknik ketenagalistrikan siswa kelas X program teknik instalasi tenaga listrik di SMKN 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan desain korelasional dan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik *simple random sampling* yaitu sebanyak 59 orang siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Angket dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Software SPSS versi 24. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis linear sederhana dan berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu uji t dan uji F yang dilakukan menggunakan Software SPSS versi 24. Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah $Y=25,457+0,326X_{1}+0,453X_{2}$ dengan koefisien determinasi sebesar 46,6%. Adanya hubungan positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar, dengan koefisien korelasi $rx_{1}y=0,606$ dan $r^{2}x_{1}y=0,368$. [cite: 10] [cite_start]Harga $t_{hitung}>t_{tabel}(2,479>1,672)$ dengan $\alpha=0.05$. Adanya hubungan positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Dengan koefisien korelasi $rx_{2}y=0,638$ dan $r^{2}x_{2}y=0,407$. Harga $t_{hitung}>t_{tabel}(3,207>1,672)$ dengan $\alpha=0,05.$ Adanya hubungan positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Dengan koefisien korelasi $Ry(_{1,2})=0,682$ dan koefisien determinasi $R^{2}y(_{1,2})=0,466$. $F_{hitimg}>F_{tabet}(24,409>3,16)$ dengan nilai signifikan $\alpha=0,05$. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat hubungan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar dasar-dasar teknik ketenagalistrikan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Persepsi Siswa, Metode Mengajar Guru, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan |
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 11 Jul 2025 08:07 |
| Last Modified: | 11 Jul 2025 08:07 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63450 |
