Hubungan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan Siswa Kelas X Program Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMKN 2 Medan

Tarigan, Mikha Evangelin (2024) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan Siswa Kelas X Program Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMKN 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5172131011_Cover.pdf] Text
5172131011_Cover.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 5172131011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5172131011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (627kB)
[thumbnail of 5172131011_Kata_Pengantar.pdf] Text
5172131011_Kata_Pengantar.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of 5172131011_Abstrak.pdf] Text
5172131011_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5172131011_Daftar_Isi.pdf] Text
5172131011_Daftar_Isi.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of 5172131011_Daftar_Tabel.pdf] Text
5172131011_Daftar_Tabel.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 5172131011_Daftar_Gambar.pdf] Text
5172131011_Daftar_Gambar.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 5172131011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5172131011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 5172131011_BAB_I.pdf] Text
5172131011_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 5172131011_BAB_II.pdf] Text
5172131011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 5172131011_BAB_III.pdf] Text
5172131011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 5172131011_BAB_IV.pdf] Text
5172131011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 5172131011_BAB_V.pdf] Text
5172131011_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5172131011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5172131011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5172131011_Lampiran.pdf] Text
5172131011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya persepsi negatif siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar yang tergolong rendah sehingga membuat prestasi belajar siswa kurang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar dasar-dasar teknik ketenagalistrikan siswa kelas X program teknik instalasi tenaga listrik di SMKN 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan desain korelasional dan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik *simple random sampling* yaitu sebanyak 59 orang siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Angket dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Software SPSS versi 24. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis linear sederhana dan berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu uji t dan uji F yang dilakukan menggunakan Software SPSS versi 24. Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah $Y=25,457+0,326X_{1}+0,453X_{2}$ dengan koefisien determinasi sebesar 46,6%. Adanya hubungan positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar, dengan koefisien korelasi $rx_{1}y=0,606$ dan $r^{2}x_{1}y=0,368$. [cite: 10] [cite_start]Harga $t_{hitung}>t_{tabel}(2,479>1,672)$ dengan $\alpha=0.05$. Adanya hubungan positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Dengan koefisien korelasi $rx_{2}y=0,638$ dan $r^{2}x_{2}y=0,407$. Harga $t_{hitung}>t_{tabel}(3,207>1,672)$ dengan $\alpha=0,05.$ Adanya hubungan positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Dengan koefisien korelasi $Ry(_{1,2})=0,682$ dan koefisien determinasi $R^{2}y(_{1,2})=0,466$. $F_{hitimg}>F_{tabet}(24,409>3,16)$ dengan nilai signifikan $\alpha=0,05$. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat hubungan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar dasar-dasar teknik ketenagalistrikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Persepsi Siswa, Metode Mengajar Guru, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 11 Jul 2025 08:07
Last Modified: 11 Jul 2025 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63450

Actions (login required)

View Item
View Item