Syafitri, Hapizah Rahma (2025) Pengaruh Pendidikan Gizi dengan Media Game Ular Tangga Berbasis Adobe Flash CS6 terhadap Pengetahuan Sayur dan Buah di MIS Ad-Dakwah Kabanjahe. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193240006_Cover.pdf
Download (97kB)
5193240006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (814kB)
5193240006_Kata_Pengantar.pdf
Download (849kB)
5193240006_Abstrak.pdf
Download (139kB)
5193240006_Daftar_Isi.pdf
Download (176kB)
5193240006_Daftar_Tabel.pdf
Download (94kB)
5193240006_Daftar_Gambar.pdf
Download (91kB)
5193240006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
5193240006_BAB_I.pdf
Download (305kB)
5193240006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5193240006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (933kB)
5193240006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (762kB)
5193240006_BAB_V.pdf
Download (126kB)
5193240006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (434kB)
5193240006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (110kB)
Abstract
Salah satu masalah gizi yang banyak terjadi pada anak usia sekolah adalah ketidaksukaanya terhadap sayur dan buah. Rendahnya pengetahuan gizi dapat mempengaruhi konsumsi sayur dan buah pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Rata-rata pengetahuan sayur dan buah siswa di MIS Ad-Dakwah Kabanjahe sebelum diberikan pendidikan gizi dengan media game ular tangga berbasis Adobe Flash CS6; (2) Rata-rata pengetahuan sayur dan buah siswa di MIS Ad-Dakwah Kabanjahe setelah diberikan edukasi melalui media game ular tangga berbasis Adobe Flash CS6; (3) Pengaruh pendidikan gizi dengan media game ular tangga berbasis Adobe Flash CS6 terhadap pengetahuan sayur dan buah siswa di MIS Ad-Dakwah Kabanjahe.Subjek dalam penelitian ini adalah 43 orang siswa kelas 5 MIS AD-Dakwah Kecamatan Kabanjahe yang dipilih berdasarkan sampel total. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimen design dengan pendekatan One Group Pre-test & Post-test Design. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan uji N-Gain dan Uji Wilcoxon. Hasil dari penelitian diperoleh rata-rata pengetahuan tentang sayur dan buah sebelum diberikan intervensi dengan media yaitu 39,31%. Sedangkan rata-rata pengetahuan tentang sayur dan buah setelah diberikan intervensi dengan media yaitu 86,71%. Berdasarkan hasil analisis dengan uji statistik Wilcoxon diperoleh nilai Z sebesar -5.718 dan nilai asymp sig. (2-tailed) 0.000 lebih kecil dari tingkat alfa 5% (0,05) sehingga Ho ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh antara pendidikan gizi dengan media game ular tangga berbasis Adobe Flash CS6 terhadap pengetahuan sayur dan buah di MIS Ad-Dakwah Kabanjahe dengan rata-rata peningkatan pengetahuan sebesar 77,64%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pendidikan gizi; media game ular tangga; pengetahuan sayur dan buah |
| Subjects: | T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Gizi |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 11 Jul 2025 02:27 |
| Last Modified: | 11 Jul 2025 02:27 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63418 |
