Hutagalung, Dewi Sry Ganda (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Teks Berita Melalui Strategi Herringbone Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2183311027 COVER.pdf
Download (41kB)
2. NIM 2183311027 APPROVAL SHEET.pdf
Download (384kB)
3. NIM 2183311027 ABSTRACT.pdf
Download (316kB)
4. NIM 2183311027 PREFACE.pdf
Download (325kB)
5. NIM 2183311027 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (371kB)
6. NIM 2183311027 LIST OF TABLE.pdf
Download (236kB)
7. NIM 2183311027 LIST OF FIGURE.pdf
Download (313kB)
8. NIM 2183311027 APPENDICES.pdf
Download (208kB)
9. NIM 2183311027 CHAPTER I.pdf
Download (752kB)
10. NIM 2183311027 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 2183311027 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 2183311027 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
13. NIM 2183311027 CHAPTER V.pdf
Download (461kB)
14. NIM 2183311027 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (371kB)
15. NIM 2183311027 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Untuk mengetahui proses pengembangan
lembar kerja peserta didik (LKPD) menulis teks berita melalui strategi
herringbone pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan, (2) Untuk mengetahui
bentuk lembar kerja peserta didik (LKPD) menulis teks berita melalui strategi
herringbone yang dikembangkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan, (3)
Untuk mengetahui kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) menulis teks
berita melalui strategi herringbone pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan,
(4) Untuk mengetahui keefektifan lembar kerja peserta didik (LKPD) menulis teks
berita melalui strategi herringbone pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan.
Penelitian ini menggunakan sampel 30 peserta didik dengan metode Research and
Development (R&D) instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala
likert, pada analisis kebutuhan, validasi materi, validasi desain, respon guru
bidang studi, dan penilaian peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Teks Berita Melalui
Strategi Herringbone Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Tahun
Pembelajaran 2021/2022 termasuk kriteria “Sangat Baik” dapat dilihat dari dari
hasil rata-rata penilaian dosen ahli materi dengan presentase 83,33%. Hasil dari
penilaian dosen ahli desain 94,28% termasuk dengan kriteria “Sangat Baik”,
selanjutnya dari respon guru bidang studi 94% dan didukung dari hasil uji coba
produk kepada peserta didik memperoleh penilaian dengan presentase 85.24%
yang termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) menulis teks berita melalui strategi
herringbone layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Teks Berita; Strategi |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:38 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 02:38 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63401 |
