Desain Evaluasi Pembelajaran Alat Musik Tradisional Berbasis HOTS dalam Bentuk Aplikasi Quizalize Kelas VIII di SMP Negeri 23 Medan

Sihombing, Nirwana Ronah Marito (2024) Desain Evaluasi Pembelajaran Alat Musik Tradisional Berbasis HOTS dalam Bentuk Aplikasi Quizalize Kelas VIII di SMP Negeri 23 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203342009_Cover.pdf] Text
2203342009_Cover.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 2203342009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203342009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2203342009_Abstrak.pdf] Text
2203342009_Abstrak.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 2203342009_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203342009_Kata_Pengantar.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 2203342009_Daftar_Isi.pdf] Text
2203342009_Daftar_Isi.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 2203342009_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203342009_Daftar_Tabel.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 2203342009_Daftar_Gambar.pdf] Text
2203342009_Daftar_Gambar.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 2203342009_BAB_I.pdf] Text
2203342009_BAB_I.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of 2203342009_BAB_II.pdf] Text
2203342009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203342009_BAB_III.pdf] Text
2203342009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[thumbnail of 2203342009_BAB_IV.pdf] Text
2203342009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2203342009_BAB_V.pdf] Text
2203342009_BAB_V.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 2203342009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203342009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 2203342009_Lampiran.pdf] Text
2203342009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain evaluasi pembelajaran alat musik
tradisional Indonesia berbasis HOTS dalam bentuk aplikasi quizalize kelas VIII di
SMP Negeri 23 Medan. Pembuatan evaluasi mengacu pada silabus (KD 4.1) yaitu
peserta didik mampu mengenal alat musik tradisional Indonesia. Teori-teori yang
digunakan dalam topik penelitian yaitu teori desain, evaluasi pembelajaran, HOTS
(Higher Order Thingking Skill) dan Quizalize. Metode yang digunakan adalah
metode penelitian kuantitatif dan kualitatif model pengembangan Research and
Development (R&D). Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa/i kelas VIII A
yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data kualitatif meliputi observasi,
wawancara serta dokumentasi dan kuantitatif meliputi instrumen penelitian yang
menggunakan angket untuk validasi ahli materi, media, dan uji pemakaian.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 23 Medan. Penelitian ini menggunakan
skala likert untuk menghitung rata-rata keseluruhan pada analisis data. Hasil
penelitian diketahui ada 6 tahapan dalam mendesain evaluasi pembelajaran Alat
Musik Tradisional Indonesia berbasis HOTS dalam bentuk aplikasi quizalize kelas
VIII di SMP Negeri 23 Medan terdiri dari (1) Potensi dan Masalah, (2)
Mengumpulkan Informasi, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi
Desain, (6) Uji Pemakaian. Tahap validasi desain melibatkan 1 validator ahli materi
dan 1 validtor ahli media. Desain ini mendapat skor 4,7 dengan kategori sangat baik
dari uji validasi ahli materi, skor 4.2 dengan kategori sangat baik dari uji validasi
ahli media, dan skor 4,5 dengan kategori sangat baik dari uji pemakaian. Skor
tersebut membuktikan bahwa desain evaluasi pembelajaran ini sangat baik dan
layak untuk diterapkan, digunakan atau dipakai dalam proses pembelajaran Seni
Budaya khususnya bidang Seni Musik. Desain evaluasi pembelajaran ini dibuat
dalam bentuk soal berbasis HOTS yang dimasukkan ke dalam aplikasi quzalize serta
digunakan dengan jaringan internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Desain; Evaluasi; Alat Musik Tradisional; HOTS; Quizalize
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 10 Jul 2025 01:37
Last Modified: 10 Jul 2025 01:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63336

Actions (login required)

View Item
View Item