Sihombing, Nirwana Ronah Marito (2024) Desain Evaluasi Pembelajaran Alat Musik Tradisional Berbasis HOTS dalam Bentuk Aplikasi Quizalize Kelas VIII di SMP Negeri 23 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203342009_Cover.pdf
Download (202kB)
2203342009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
2203342009_Abstrak.pdf
Download (284kB)
2203342009_Kata_Pengantar.pdf
Download (393kB)
2203342009_Daftar_Isi.pdf
Download (288kB)
2203342009_Daftar_Tabel.pdf
Download (245kB)
2203342009_Daftar_Gambar.pdf
Download (274kB)
2203342009_BAB_I.pdf
Download (524kB)
2203342009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203342009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (668kB)
2203342009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
2203342009_BAB_V.pdf
Download (272kB)
2203342009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (333kB)
2203342009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain evaluasi pembelajaran alat musik
tradisional Indonesia berbasis HOTS dalam bentuk aplikasi quizalize kelas VIII di
SMP Negeri 23 Medan. Pembuatan evaluasi mengacu pada silabus (KD 4.1) yaitu
peserta didik mampu mengenal alat musik tradisional Indonesia. Teori-teori yang
digunakan dalam topik penelitian yaitu teori desain, evaluasi pembelajaran, HOTS
(Higher Order Thingking Skill) dan Quizalize. Metode yang digunakan adalah
metode penelitian kuantitatif dan kualitatif model pengembangan Research and
Development (R&D). Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa/i kelas VIII A
yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data kualitatif meliputi observasi,
wawancara serta dokumentasi dan kuantitatif meliputi instrumen penelitian yang
menggunakan angket untuk validasi ahli materi, media, dan uji pemakaian.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 23 Medan. Penelitian ini menggunakan
skala likert untuk menghitung rata-rata keseluruhan pada analisis data. Hasil
penelitian diketahui ada 6 tahapan dalam mendesain evaluasi pembelajaran Alat
Musik Tradisional Indonesia berbasis HOTS dalam bentuk aplikasi quizalize kelas
VIII di SMP Negeri 23 Medan terdiri dari (1) Potensi dan Masalah, (2)
Mengumpulkan Informasi, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi
Desain, (6) Uji Pemakaian. Tahap validasi desain melibatkan 1 validator ahli materi
dan 1 validtor ahli media. Desain ini mendapat skor 4,7 dengan kategori sangat baik
dari uji validasi ahli materi, skor 4.2 dengan kategori sangat baik dari uji validasi
ahli media, dan skor 4,5 dengan kategori sangat baik dari uji pemakaian. Skor
tersebut membuktikan bahwa desain evaluasi pembelajaran ini sangat baik dan
layak untuk diterapkan, digunakan atau dipakai dalam proses pembelajaran Seni
Budaya khususnya bidang Seni Musik. Desain evaluasi pembelajaran ini dibuat
dalam bentuk soal berbasis HOTS yang dimasukkan ke dalam aplikasi quzalize serta
digunakan dengan jaringan internet.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Desain; Evaluasi; Alat Musik Tradisional; HOTS; Quizalize |
| Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 10 Jul 2025 01:37 |
| Last Modified: | 10 Jul 2025 01:37 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63336 |
