Zahwa, Miranda Nihdatul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI DI KELAS VII SMP NEGERI 29 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203351011_Cover.pdf
Download (233kB)
4203351011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (180kB)
4203351011_Abstrak.pdf
Download (223kB)
4203351011_Kata_Pengantar.pdf
Download (176kB)
4203351011_Daftar_Isi.pdf
Download (304kB)
4203351011_BAB_I.pdf
Download (410kB)
4203351011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (635kB)
4203351011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (843kB)
4203351011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (855kB)
4203351011_BAB_V.pdf
Download (220kB)
4203351011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (616kB)
4203351011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Ekologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi eksperimen dengan desain two group pretes postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 29 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik class random sampling. Kelas VII-4 sebagai kelas eksprimen menggunkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Video dan Kelas VII-2 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata pretest dan postest di kelas eksperimen adalah 26,16 dan 79,33 sedangkan di kelas kontrol adalah 25,66 dan 70,5. Aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan pada setiap pertemuan, pertemuan pertama cukup aktif dengan rata-rata nilai 46,83, pada pertemuan kedua cukup aktif dengan rata-rata nilai 51,03, pada pertemuan ketiga aktif dengan rata-rata nilai 69,33, dan pada pertemuan keempat sangat aktif dengan rata-rata nilai 83,83. Analisis data menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan video terhadap hasil belajar siswa SMP pada materi ekologi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 577 Zah p |
| Keywords: | Think pair share; Hasil belajar; Video pembelajaran; Ekologi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 06:37 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 06:37 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63313 |
