PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAP LITERASI SAINS PADA MATERI SUHU, KALOR DAN PEMUAIAN DI SMP NEGERI 3 TIGAPANAH

Siburian, Mayrosa Br. (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAP LITERASI SAINS PADA MATERI SUHU, KALOR DAN PEMUAIAN DI SMP NEGERI 3 TIGAPANAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201151014_Cover.pdf] Text
4201151014_Cover.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 4201151014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201151014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 4201151014_Abstrak.pdf] Text
4201151014_Abstrak.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 4201151014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201151014_Kata_Pengantar.pdf

Download (920kB)
[thumbnail of 4201151014_Daftar_Isi.pdf] Text
4201151014_Daftar_Isi.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 4201151014_BAB_I.pdf] Text
4201151014_BAB_I.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 4201151014_BAB_II.pdf] Text
4201151014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[thumbnail of 4201151014_BAB_III.pdf] Text
4201151014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[thumbnail of 4201151014_BAB_IV.pdf] Text
4201151014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4201151014_BAB_V.pdf] Text
4201151014_BAB_V.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4201151014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201151014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 4201151014_Lampiran.pdf] Text
4201151014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian quasi eksperimen ini adalah untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning terintegrasi etnosains terhadap literasi sains siswa pada kompetensi menjelaskan fenomena ilmiah, mengevaluasi data dan pernyataan ilmiah serta merumuskan data dan bukti secara ilmiah. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana respon siswa terhadap model PBL terintegrasi etnosains. Penelitian di lakukan di SMP Negeri 3 Tigapanah, dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tigapanah T.P 2023/2024. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dan purposive sampling kelas yang terpilih yaitu kelas VII-1 dan VII-2 berjumlah 41 siswa untuk melihat literasi sains dan VII-1 berjumlah 21 siswa untuk melihat respon siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan berganda dan angket. Data diolah secara deskriptif dengan SPSS statistic 27 for windows dan reduksi data. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t tes, diketahui bahwasanya nilai signifikansi kemampuan literasi sains yaitu 0,001 data tersebut menunjukkan bahwasanya nilai signifikansi < 0,05 artinya Ho ditolak dan H1 diterima, maka model PBL terintegrasi etnosains berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi suhu, kalor dan pemuaian. Uji pengaruh (effect size) literasi sains mencapai nilai Cohen’s d mencapai kriteria sangat besar yaitu 1,76. Hasil reduksi data angket nilai rata-rata jawaban seluruh responden adalah 83,4% artinya PBL terintegrasi etnosains berdampak positif kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 536 Sib p
Keywords: Problem based learning; Etnosains; Literasi sains; Suhu; Kalor; Pemuaian; Respon siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Jul 2025 04:32
Last Modified: 09 Jul 2025 04:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63308

Actions (login required)

View Item
View Item