Nababan, Irma Nurmalita (2025) Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 173442 Batunagodang Siatas. Undergraduate thesis, UNIMED.
1212411009_Cover.pdf
Download (53kB)
1212411009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (633kB)
1212411009_Kata_Pengantar.pdf
Download (117kB)
1212411009_Abstrak.pdf
Download (75kB)
1212411009_Daftar_Isi.pdf
Download (111kB)
1212411009_Daftar_Tabel.pdf
Download (57kB)
1212411009_Daftar_Gambar.pdf
Download (63kB)
1212411009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (45kB)
1212411009_BAB_I.pdf
Download (284kB)
1212411009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (597kB)
1212411009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (462kB)
1212411009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (855kB)
1212411009_BAB_V.pdf
Download (99kB)
1212411009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (208kB)
1212411009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan dan seberapa besar tingkat hubungan pola asuh orangtua dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika
di SDN 173442 Batunagodang Siatas.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 30 yang diperoleh menggunakan sampel jenuh (total sampling) sebagai bagian dari teknik non-probability sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Data yang sudah diperoleh kemudian diolah menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25 for windows. Dari hasil perhitungan uji normalitas menggunakan rumus korelasi product moment dengan nilai sig (X= 0,200
>0,05 dan variabel Y = 0,200 > 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Kemudian dilihat dari uji linearitas dengan nilai sig 0,60 > 0,05 sehingga variabel x dan y memiliki model regresi linear. Selanjutnya dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan signifikan antara pola asuh orangtua dengan hasil belajar pada mata pelajaran matematika (nilai sig. (p) tiap variabel sebesar 0,025 menunjukkan hasil yang kurang dari 0,05 (0,048< 0,05) dan nilai pearson tiap variabel 0,409 dan nilai r hitung 0,409 lebih besar dari r tabel yaitu 0,361 ). Hubungan tersebut juga berada pada kategori korelasi sedang (0,40-0,599) dan bersifat positif (+) artinya semakin tinggi
pola asuh orangtua yang diberikan maka semakin tinggi pula hasil belajar peserta didik yang dihasilkan, begitupula sebaliknya semakin rendah pola asuh orangtua semakin
rendah pula hasil belajar peserta didik yang dihasilkan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pola asuh; Orangtua; Hasil belajar matematika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:18 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 04:18 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63306 |
