Hasibuan, Ilma Amalia Rida (2025) Analisis Kesiapan Guru Dalam Kurikulum Merdeka Di UPT SD Negeri 060853 Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1233011001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1233011001_Cover.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 1233011001_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1233011001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (297kB)
![[thumbnail of 1233011001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1233011001_Kata_Pengantar.pdf
Download (159kB)
![[thumbnail of 1233011001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1233011001_Abstrak.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 1233011001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1233011001_Daftar_Isi.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 1233011001_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1233011001_Daftar_Tabel.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 1233011001_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1233011001_Daftar_Gambar.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 1233011001_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1233011001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (31kB)
![[thumbnail of 1233011001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1233011001_BAB_I.pdf
Download (290kB)
![[thumbnail of 1233011001_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1233011001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (834kB)
![[thumbnail of 1233011001_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1233011001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (274kB)
![[thumbnail of 1233011001_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1233011001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (556kB)
![[thumbnail of 1233011001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1233011001_BAB_V.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 1233011001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1233011001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (247kB)
![[thumbnail of 1233011001_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1233011001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka di UPT SD 060853 Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2024/2025, (2) mendeskripsikan program kurikulum merdeka yang diterapkan di
UPT SD 060853 Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2024/2025, dan (3) mendeskripsikan kendala kesiapan guru agar dapat menerapkan kurikulum merdeka di UPT SD 060853 Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Populasi ada 45 siswa sedangkan sampel di kelas 1 A ada 25 siswa. Waktu pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil T.A. 2024/2025. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi (pengamatan), Wawancara, dan Dokumentasi. Instumen penelitian ini yaitu lembar observasi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah tahap reduksi data, tahap penyaji data, dan penarikan
simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka di UPT SD Negeri 060853 Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2024/2025 adalah kesiapan memahami karakter siswa, penyusunan RPP, platform pengetahuan, perangkat pembelajaran, penerapan metode, dan
penggunaan media pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. (b) Program kurikulum merdeka yang diterapkan di UPT SD Negeri 060853 Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2024/2025 adalah melaksanakan P5, menyusun RPP dan platform, misalnya modul, Alur tujuan Pembelajaran (ATP). (c) Kendala kesiapan guru agar dapat menerapkan kurikulum merdeka di UPT SD Negeri
060853 Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2024/2025 adalah berupa tingkat pemahaman guru, pemanfaatan sumber belajar menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan penilaian pembelajaran, hal ini sudah terpenuhi oleh guru dan sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesiapan guru; Kurikulum; Siswa sekolah dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:02 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63303 |