Salis, Ibnatun (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di SD Swasta Tiara Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
1213111008_Cover.pdf
Download (117kB)
1213111008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (710kB)
1213111008_Kata_Pengantar.pdf
Download (223kB)
1213111008_Abstrak.pdf
Download (150kB)
1213111008_Daftar_Isi.pdf
Download (186kB)
1213111008_Daftar_Tabel.pdf
Download (170kB)
1213111008_Daftar_Gambar.pdf
Download (71kB)
1213111008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (77kB)
1213111008_BAB_I.pdf
Download (360kB)
1213111008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1213111008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1213111008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1213111008_BAB_V.pdf
Download (174kB)
1213111008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (290kB)
1213111008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini meliputi guru cenderung mengandalkan buku teks, model pembelajaran tidak efektif, dan belum pernah menggunakan model Quantum Teaching. Rendahnya keterampilan kolaborasi siswa juga berkontribusi pada hasil belajar yang belum optimal. Hal ini menandakan perlunya perbaikan dalam model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu untuk a) mengetahui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR dalam pengajaran Bahasa Indonesia, b) mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia dengan model tersebut, c) mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD Swasta Tiara Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini kuantitatif dengan desain quasi-experimental. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SD Swasta Tiara yang berjumlah 59 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling, dengan 30 siswa kelas IV-A dan 29 siswa kelas IV-B. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif yang di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan sebesar 40,13 poin dengan persentase 89,03%, dengan nilai rata-rata pre-test 45,07 dan post-test 85,20. Hasil perhitungan hipotesis yang diperoleh dari uji independent sample t test yaitu 0,001 < 0,05 atau diperoleh nilai thitung > ttabel, yaitu 5,248 > 2,002 pada taraf signifikan 5% yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya yakni terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD Swasta Tiara Tahun Ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model pembelajaran; bahasa Indonesia; Siswa sekolah dasar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:52 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 03:52 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63296 |
