Manurung, Willy (2024) Analisis Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Pengelasan Dan Fabrikasi Logam Di SMK Negeri 13 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5202421008_Cover.pdf
Download (37kB)
5202421008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (474kB)
5202421008_Kata_Pengantar.pdf
Download (124kB)
5202421008_Abstrak.pdf
Download (61kB)
5202421008_Daftar_Isi.pdf
Download (60kB)
5202421008_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
5202421008_Daftar_Gambar.pdf
Download (31kB)
5202421008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (59kB)
5202421008_BAB_I.pdf
Download (341kB)
5202421008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (894kB)
5202421008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (412kB)
5202421008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (995kB)
5202421008_BAB_V.pdf
Download (60kB)
5202421008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (205kB)
5202421008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran dasar-dasar teknik pengelasan dan fabrikasi logam di SMK Negeri 13 Medan ditinjau dari permasalahan yaitu kesulitan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada kurikulum merdeka ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan serta pengolahan dan pelaporan asesmen. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 13 Medan dengan populasinya adalah guru mata pelajaran dasar-dasar teknik pengelasan dan fabrikasi logam dan siswa kelas X jurusan teknik pengelasan dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode penelitian kuantitatif dan analisis data bersifat kuantitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan teknik skala
likert. Hasil penelitian ini dapat dikatakan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran guru dilihat pada perencanaan pembelajaran menyatakan bahwa 74% berada pada kategori baik. Jika dilihat dari variabel pelaksanaan pembelajaran menyatakan 74% berada pada kategori baik. Jika dilihat pada Variabel pengolahan dan pelaporan asesmen menyatakan 84% pada kategori sangat baik. Hasil Penelitian in dapat dikatakan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran siswa dapat dilihat pada variabel pelaksanaan pembelajaran dinyatakan 77% dengan kategori baik dan jika dilihat pada variabel pengolahan dan pelaporan asesmen menyatakan yaitu 77% pada kategori baik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kurikulum merdeka belajar; Mata pelajaran dasar-dasar teknik pengelasan dan fabrikasi logam; Perencanaan pembelajaran; Pelaksanaan pembelajaran; Pengolahan dan pelaporan asesmen |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:05 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 03:05 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63280 |
