Sakina (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 117503 PADANG MAHONDANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313311 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
108313311 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
108313311 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313311 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313311 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313311 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313311 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313311 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313311 BAB I.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
108313311 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
108313311 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakahmenggunakan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajarsiswa pada Materi Pokok Masalah-Masalah Sosial di Lingkungan Setempat KelasIV SDN 117503 Padang Mahondang Tahun Ajaran 2011/2012? Penelitian inibertujuan untuk Untuk membuktikan hasil belajar IPS siswa denganmenggunakan model Think Pair Share (TPS) Pada Materi Pokok Masalah-Masalah Sosial di Lingkungan Setempat Kelas IV SDN 117503 PadangMahondang Tahun Ajaran 2011/2012 dengan Subjek dalam penelitian ini adalahseluruh siswa kelas IV sebanyak 36 orang siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedurtindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaranterdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Carapengumpulan data menggunakan tes dan observasi yang dilakukan pada saatpretes, Siklus I, Siklus II. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasilbelajar siswa meningkat, yaitu tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 75. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 36 orang siswa.Berdasarkan analisis data pada awal tindakan tingkat ketuntasan belajarsiswa secara klasikal dapat diketahui dar i 36 terdapat sebanyak 5 orang siswa13,9% mendapat nilai tuntas dan sebanyak 31 orang siswa (86,11%) mendapatnilai belum tuntas dengan rata-rata 51,56. Pada siklus I sebanyak 19 orang siswa52,78% mendapat nilai tuntas dan sebanyak 17 orang siswa (47,22%) mendapatnilai belum tuntas dengan rata-rata 66,11. Pada siklus II hasil belajar siswamengalami peningkatan menjadi sebanyak 33 orang siswa 91,67% mendapat nilaituntas dan sebanyak 3 orang siswa 8,33% mendapat nilai belum tuntas denganrata-rata 85.56.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaranpembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasilbelajar IPS pada siswa khususnya pada materi masalah-masalah sosial dilingkungan tempat tinggal di Kelas IV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sak p |
Keywords: | Pembelajaran Think Pair Share; Hasil Belajar IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6328 |