-, Wanda (2024) Pengembangan Modul Buku Elektronik (E-Book) Untuk Pembelajaran Mata Pelajaran Mesin Frais Di Kelas XI SMKN 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5173121030_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121030_Cover.pdf
Download (271kB)
![[thumbnail of 5173121030_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (793kB)
![[thumbnail of 5173121030_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121030_Kata_Pengantar.pdf
Download (450kB)
![[thumbnail of 5173121030_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121030_Abstrak.pdf
Download (459kB)
![[thumbnail of 5173121030_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121030_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 5173121030_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121030_Daftar_Tabel.pdf
Download (475kB)
![[thumbnail of 5173121030_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121030_Daftar_Gambar.pdf
Download (578kB)
![[thumbnail of 5173121030_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (470kB)
![[thumbnail of 5173121030_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121030_BAB_I.pdf
Download (689kB)
![[thumbnail of 5173121030_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121030_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5173121030_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121030_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5173121030_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121030_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5173121030_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121030_BAB_V.pdf
Download (279kB)
![[thumbnail of 5173121030_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (388kB)
![[thumbnail of 5173121030_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Pendidikan di era digital menekankan penggunaan teknologi sebagai pendukung pembelajaran, termasuk pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning seperti Canva. Di SMK Negeri 14 Medan, siswa menghadapi kesulitan dalam memahami materi teknik permesinan frais, dan observasi menunjukkan minat yang rendah terhadap sumber belajar konvensional. Solusi yang ditawarkan adalah pengembangan modul pembelajaran interaktif menggunakan Canva untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa serta efektivitas pembelajaran teknik permesinan frais. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pencapaian siswa dan memberikan inspirasi bagi pengembangan modul pembelajaran di lembaga pendidikan teknik
dan industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Canva untuk mata pelajaran teknik pemesinan frais di SMK Negeri 14 Medan, menilai kelayakan media tersebut dalam pembelajaran, serta menguji efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman dan prestasi siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa di bidang teknik pemesinan bubut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan R&D (Research and Development).
Pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut ini peneliti menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan tahap analisis (Analys), tahap perancanaan (design), tahap pengembangan
(developmant), evaluasi.(Evaluation). implementasi
(Implemention) dan Hasil penelitian ini mengembangkan modul pembelajaran menggunakan Canva. Penggunaan modul pembelajaran yang menggunakan Canva pada mata pelajaran
teknik pemesinan frais kelas XI Teknik Permesinan dianggap layak untuk digunakan oleh siswa, dengan rerata skor perolehan ahli materi (4,70), ahli media (4,64), ahli desain (4.60), uji coba skala kecil (4,17), dan uji besar (4,24).
Dengan menggunakan modul pembelajaran yang menggunakan Canva pada mata pelajaran teknik pemesinan frais kelas XI di SMK Negeri 14 Medan, hasil belajar siswa telah meningkat sekitar 70,3% menurut penilaian efektivitas. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran menggunakan Canva telah dianggap cukup efektif dalam proses pembelajaran
bagi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Modul; Canva dan Flipbook |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:01 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63276 |