Penerapan Model Discovery learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Alat-alat Ukur Mekanik Kelas X TKR SMK Negeri 2 Pematangsiantar

Naibaho, Putra Eifel Dolli (2024) Penerapan Model Discovery learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Alat-alat Ukur Mekanik Kelas X TKR SMK Negeri 2 Pematangsiantar. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5173321035_Cover.pdf] Text
5173321035_Cover.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 5173321035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5173321035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (627kB)
[thumbnail of 5173321035_Kata_Pengantar.pdf] Text
5173321035_Kata_Pengantar.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 5173321035_Abstrak.pdf] Text
5173321035_Abstrak.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 5173321035_Daftar_Isi.pdf] Text
5173321035_Daftar_Isi.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 5173321035_Daftar_Tabel.pdf] Text
5173321035_Daftar_Tabel.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 5173321035_Daftar_Gambar.pdf] Text
5173321035_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 5173321035_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5173321035_Daftar_Lampiran.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 5173321035_BAB_I.pdf] Text
5173321035_BAB_I.pdf

Download (670kB)
[thumbnail of 5173321035_BAB_II.pdf] Text
5173321035_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5173321035_BAB_III.pdf] Text
5173321035_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5173321035_BAB_IV.pdf] Text
5173321035_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5173321035_BAB_V.pdf] Text
5173321035_BAB_V.pdf

Download (741kB)
[thumbnail of 5173321035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5173321035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of 5173321035_Lampiran.pdf] Text
5173321035_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang memerlukan perhatian tersendiri dalam pembangunan nasional yaitu usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, karena dengan pendidikan akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dijadikan modal utama pelaksanaan pembangunan. Namun, hasil belajar siswa pada materi alat ukur mekanik di X SMK Negeri 2 Pematangsiantar belum mencapai standar yang diharapkan. Metode pembelajaran yang konvensional dan berpusat pada guru
menyebabkan kurangnya minat dan keaktifan siswa. Diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif, seperti discovery learning, yang dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa dengan menekankan
pada pemecahan masalah nyata dan aplikatif dalam konteks industri. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi alat-alat ukur mekanik pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif siswa kelas X SMK Negeri 2 Pematangsiantar. Penelitian ini untuk mengetahui untuk meningkatkan hasil belajar pada materi alat
alat ukur mekanik pada siswa kelas X jurusan teknik kendaraan ringan (TKR) di SMK Negeri 2 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Data yang dianalisis berupa rata-rata dan presentase hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran alat ukur mekanik dengan diterapkannya pembelajaran menggunakan
media benda nyata. Hal ini terbukti pada pra siklus dengan nilai rata-rata 69,90 kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 74,48 kemudian meningkat lagi pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,35. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 25,0% sedangkan pada siklus I adalah 50,0% kemudian meningkat lagi pada siklus II yaitu 81,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: discovery learning; hasil belajar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 09 Jul 2025 02:27
Last Modified: 09 Jul 2025 02:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63259

Actions (login required)

View Item
View Item