Simanjuntak, Gleydia (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Notasi Balok Menggunakan Aplikasi MuseScore 4 Siswa Kelas XI SMAS GKPI Padang Bulan Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2203142038_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203142038_Cover.pdf
Download (97kB)
![[thumbnail of 2203142038_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203142038_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203142038_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203142038_Abstrak.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of 2203142038_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203142038_Kata_Pengantar.pdf
Download (199kB)
![[thumbnail of 2203142038_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203142038_Daftar_Isi.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 2203142038_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203142038_Daftar_Tabel.pdf
Download (82kB)
![[thumbnail of 2203142038_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203142038_Daftar_Gambar.pdf
Download (176kB)
![[thumbnail of 2203142038_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203142038_Daftar_Lampiran.pdf
Download (80kB)
![[thumbnail of 2203142038_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203142038_BAB_I.pdf
Download (333kB)
![[thumbnail of 2203142038_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203142038_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203142038_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203142038_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (502kB)
![[thumbnail of 2203142038_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203142038_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 2203142038_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203142038_BAB_V.pdf
Download (108kB)
![[thumbnail of 2203142038_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203142038_Daftar_Pustaka.pdf
Download (168kB)
![[thumbnail of 2203142038_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203142038_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penggunaan aplikasi MuseScore
sebagai media pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar notasi balok
dikelas XI SMAS GKPI Padang Bulan Medan. 2) Untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar menulis notasi balok dengan menggunakan aplikasi MuseScore pada
siswa kelas XI SMAS GKPI Padang Bulan Medan. Pada penelitian ini metode yang
digunakan adalah metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori hasil belajar, teori notasi
balok, teori aplikasi serta teori MuseScore. Populasi dalam penelitian ini terdiri
dari 20 orang peserta didik kelas XI IPA 1 SMAS GKPI Padang Bulan Medan.
Berdasarkan hasil peneitian bahwa:1) Penggunaan aplikasi MuseScore 4 dapat
meningkatkan hasil belajar notasi balok. 2) Hasil belajar yang diperoleh peserta
didik dalam pembelajaran notasi balok menggunakan aplikasi MuseScore 4 yang
diperoleh melalui pre-test dan post-test, nilai pre-test yang diperoleh adalah 60 dan
nilai post-test yang diperoleh adalah 75,5 bisa dikatakan memperoleh nilai BAIK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peningkatan; Hasil Belajar; Media; Aplikasi MuseScore |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Ricky Syahrizal |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 02:12 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63253 |