Ramadhani, Nadya (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8236171002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236171002_Cover.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of 8236171002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236171002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8236171002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236171002_Abstrak.pdf
Download (260kB)
![[thumbnail of 8236171002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236171002_Kata_Pengantar.pdf
Download (177kB)
![[thumbnail of 8236171002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236171002_Daftar_Isi.pdf
Download (367kB)
![[thumbnail of 8236171002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236171002_Daftar_Tabel.pdf
Download (341kB)
![[thumbnail of 8236171002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236171002_Daftar_Gambar.pdf
Download (338kB)
![[thumbnail of 8236171002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236171002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (183kB)
![[thumbnail of 8236171002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236171002_BAB_I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8236171002_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236171002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (981kB)
![[thumbnail of 8236171002_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236171002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (996kB)
![[thumbnail of 8236171002_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236171002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 8236171002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236171002_BAB_V.pdf
Download (131kB)
![[thumbnail of 8236171002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236171002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (395kB)
![[thumbnail of 8236171002_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236171002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kevalidan, menemukan kepraktisan, menemukan keefektifan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE dengan pembelajaran berbasis discovery learning. Pengembangan ini memanfaatkan teknologi digital yang dengan mudah dapat diakses dihp/laptop dengan tampilan desain yang dibuat menarik memiliki warna yang cerah, audio dan dilengkapi video pembelajaran yang dimana penyampaian media pembelajaran ini berbasis discovery learning yang didalamnya terdapat 6 langkah pembelajaran yaitu : 1) Pemberian Rangsangan (Stimulation), 2) Identifikasi Masalah (Problem Statement), Pengumpulan Data (Data Collection), 4) Pengolahan Data (Data Processing), 5) Pembuktian (Verification) dan 6) Menarik Simpulan (Generalization). Langkah-langkah penelitian pengembangan yang telah dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi).Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket penilaian ahli materi, ahli media dan ahli desain. Hasil penelitian menunjukkan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning memperoleh persentase rata-rata sebesar 90,5% dengan kriteria “sangat valid”, memperoleh persentase rata-rata sebesar 86,72% dengan kriteria “sangat praktis”, dan memperoleh persentase rata-rata sebesar 90,2% dengan kriteria “sangat efektif”. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning juga dinilai “efektif” jika dilihat nilai post-test mencapai 90% dibandingkan dengan nilai pre-test yang mencapai 45,8%. Dengan demikian, berdasarkan hasil penilaian ahli materi , ahli media dan ahli desain, praktisi pembelajaran, dan siswa, dapat dikatakan bahwa Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning telah teruji valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran materi SPLDV di kelas VIII SMP Islam Al Ulum Terpadu Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.160 72 Ram p |
Keywords: | Pengembangan, Discovery Learning, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 10:00 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 10:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63246 |