PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM TATA SURYA PADA SISWA SMPS NURUL ISLAM INDONESIA

Rambe, Lanna Sari (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM TATA SURYA PADA SISWA SMPS NURUL ISLAM INDONESIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203351018_Cover.pdf] Text
4203351018_Cover.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 4203351018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203351018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 4203351018_Abstrak.pdf] Text
4203351018_Abstrak.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 4203351018_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203351018_Kata_Pengantar.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4203351018_Daftar_Isi.pdf] Text
4203351018_Daftar_Isi.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 4203351018_BAB_I.pdf] Text
4203351018_BAB_I.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 4203351018_BAB_II.pdf] Text
4203351018_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[thumbnail of 4203351018_BAB_III.pdf] Text
4203351018_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[thumbnail of 4203351018_BAB_IV.pdf] Text
4203351018_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[thumbnail of 4203351018_BAB_V.pdf] Text
4203351018_BAB_V.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 4203351018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203351018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4203351018_Lampiran.pdf] Text
4203351018_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi powtoon terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem tata surya. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPS Nurul Islam Indonesia Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara Random Sampling sebanyak 2 kelas yaitu VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diajarkan menggunakan media pembelajaran video animasi powtoon, sementara pada kelas kontrol diajarkan dengan media powerpoint. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif dalam bentuk pilihan berganda. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan statistik secara manual. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 40,5 dan untuk kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah 39,8. Setelah diberikan perlakuan, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 89,83 dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,5. Hasil uji t posttest pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 6,70 dan ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel hipotesis (ha) diterima, maka ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon terhadap penguasaan konsep materi sistem tata surya pada siswa SMPS Nurul Islam Indonesia Medan T.A 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 523.2 Ram p
Keywords: Powtoon; Sistem tata surya; Penguasaan konsep; Discovery learning; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QB Astronomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:40
Last Modified: 08 Jul 2025 08:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63234

Actions (login required)

View Item
View Item