PENGARUH LKPD BERBASIS PBL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN

Anisyah, Kintan (2024) PENGARUH LKPD BERBASIS PBL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201151006_Cover.pdf] Text
4201151006_Cover.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4201151006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201151006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 4201151006_Abstrak.pdf] Text
4201151006_Abstrak.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 4201151006_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201151006_Kata_Pengantar.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 4201151006_Daftar_Isi.pdf] Text
4201151006_Daftar_Isi.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4201151006_BAB_I.pdf] Text
4201151006_BAB_I.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 4201151006_BAB_II.pdf] Text
4201151006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[thumbnail of 4201151006_BAB_III.pdf] Text
4201151006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[thumbnail of 4201151006_BAB_IV.pdf] Text
4201151006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[thumbnail of 4201151006_BAB_V.pdf] Text
4201151006_BAB_V.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4201151006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201151006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4201151006_Lampiran.pdf] Text
4201151006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKPD berbasis PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa serta indikator kemampuan pemecahan masalah yang paling terkembangkan materi struktur bumi dan perkembangannya kelas VIII SMP Negeri 23 Medan. Desain penelitian yang digunakan adalah two group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel sebanyak 64 siswa yang diperoleh secara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest dan posttest kelas eksperimen adalah 32,13 dan 84,73 sedangkan kelas kontrol adalah 32,09 dan 68,46. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah diperoleh pada kelas eksperimen dengan N-Gain 0,77 pada kategori tinggi sedangkan kelas kontrol dengan N-Gain 0,54 pada kategori sedang. Perhitungan indikator kemampuan pemecahan masalah diperoleh bahwa indikator yang paling terkembangkan yaitu indikator memahami masalah dengan N-Gain sebesar 0,80 pada kategori tinggi. Analisis data menggunakan Uji t (pihak kanan) diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh LKPD berbasis PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi struktur bumi dan perkembangannya kelas VIII SMP Negeri 23 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 550 Ani p
Keywords: Problem based learning; Lembar kerja peserta didik; Pemecahan masalah; Struktur bumi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QE Geology
Q Science > QE Geology > QE500 Dynamic and structural geology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:00
Last Modified: 08 Jul 2025 07:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63225

Actions (login required)

View Item
View Item