Sinaga, Exsa Lanty Sri Rejeki (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Dalam Meningkatkan Pemahaman Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas V SDN 12 Pintusona Kecamatan Pangururan TA. 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
1202411011_Cover.pdf
Download (82kB)
1202411011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (490kB)
1202411011_Kata_Pengantar.pdf
Download (194kB)
1202411011_Abstrak.pdf
Download (181kB)
1202411011_Daftar_Isi.pdf
Download (65kB)
1202411011_Daftar_Tabel.pdf
Download (37kB)
1202411011_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
1202411011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
1202411011_BAB_I.pdf
Download (387kB)
1202411011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (543kB)
1202411011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (917kB)
1202411011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202411011_BAB_V.pdf
Download (189kB)
1202411011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (62kB)
1202411011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran puzzle yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran Matematika khususnya pada materi Operasi Hitung Bilangan Bulat pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Hal ini berlandaskan dari permasalahan yang telah diperoleh dari hasil observasi dan wawancara awal yang dilakukan sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas dan siswa kelas V SDN 12 Pintusona. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah media pembelajaran puzzle untuk pembelajaran Matematika khusunya pada materi operasi hitung bilangan bulat. Teknik pengumpulan data yyang digunakan yakni observasi, wawancara, tes, dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara guru, angket validasi materi, angket validasi media, dan praktisi pendidikan, serta soal posttest dan pretest. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil validasi oleh validator ahli materimemperoleh hasil persentase rata-rata “92,6“ dengan kategori “sangat layak”, sedangkan hasil validasi oleh validator ahli desain media memperoleh hasil persentase rata-rata “95“ dengan kategori “sangat praktis”. Uji keefektifan media dapat diketahui setelah menggunakan media yang dikembangkan, nilai rata-rata siswa meningkat dari semula nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media yaitu “60“ dengan kategori “cukup praktis “ meningkat menjadi “95“ dengan kategori “sangat praktis“ setelah menggunakan media.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media pemebelajaran; Hitungan bilangan; Sekolah dasar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 08 Jul 2025 04:40 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 04:40 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63218 |
