Barus, Wilda Natalisna (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 101813 BULUH GADING KEC. SIBIRU-BIRU TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313396 COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
108313396 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
108313396 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
108313396 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
108313396 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313396 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108313396 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108313396 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313396 BAB I.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
108313396 BAB V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
108313396 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahya keterampilan bertanya siswa kelas IV SD Negeri 101813 Buluh Gading. Kec. Sibiru-Biru. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah dengan menggunakan metode tanya jawab dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Masalah-Masalah Sosial di Kelas IV SD Negeri 101813 Buluh Gading Kec. Sibiru-Biru TA 2011/2012.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101813 Buluh Gading Kec. Sibiru-Biru TA 2011/2012 yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan observasi untuk mengetahui keterampilan bertanya siswa belajar siswa pada pelajaran IPS khususnya materi masalah-masalah sosial yang dilaksanakan pada awal tindakan, siklus I dan siklus II.Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kondisi Pada siklus I pertemuan 1 sebanyak 11 indikator (34,38%) tidak pernah tampak saat bertanya, sebanyak 12 indikator (37,5%) sering tampak saat bertanya dan sebanyak 9 indikator (28,12%) sering sekali tampak saat bertanya dengan rata-rata 65,53. Pada siklus I pertemuan 2 sebanyak 9 indikator (28,12%) tidak pernah tampak saat bertanya, sebanyak 14 indikator (43,75%) sering tampak saat bertanya dan sebanyak 9 indikator (28,13%) sering sekali tampak saat bertanya dengan rata-rata 66,15. Pada siklus II pertemuan 1 indikator sebanyak 2 indikator (6,25%) tidak pernah tampak saat bertanya, sebanyak 12 indikator (37,5%) sering tampak saat bertanya dan sebanyak 18 indikator (56,25%) sering sekali tampak saat bertanya pada guru dengan nilai rata-rata 80,03, pada siklus II pertemuan 2 dari 32 indikator sebanyak 1 indikator (3,12%) tidak pernah tampak saat bertanya, sebanyak 13 indikator (40,63%) sering tampak saat bertanya dan sebanyak 18 indikator (56,25%) sering sekali tampak saat bertanya pada guru dengan nilai rata-rata 82,03.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tanya jawab dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada mata pelajaran IPS materi masalah-masalah sosial di Kelas IV SD Negeri 101813 Buluh Gading Kec. Sibiru-Biru Tahun Ajaran 2011/2012. Disarankan kepada guru agar mendorong siswa bertanya tentang materi pelajaran yang diajarkan sehingga dapat diketahui penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Bar u |
Keywords: | Keterampilan Bertanya; Metode Tanya Jawab |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6321 |